Processed with VSCO with  preset

5 Hal Penting untuk Memulai Yoga

“Apa yang perlu disiapkan?”

“Pakai matras apa ya?”

Pertanyaan umum bagi yang ingin memulai yoga. Yoga salah satu olahraga yang tidak memerlukan banyak perlengkapan. Terutama jika melakukan latihan di studio, biasanya pihak studio menyiapkan perlengkapannya. Berikut tip yang bisa jadi catatan untuk kamu yang masih bingung untuk memulai yoga.

Niat

Bagi saya ini penting. Banyak teman-teman yang ingin memulai tapi di-“tarsok” alias “entar-besok”, hingga akhirnya gak jadi-jadi. Ingat lagi apa yang membuat kamu ingin memulai yoga. Jangan melakukan yoga hanya karena ikut-ikut teman. Saat temanmu malas latihan, kamu juga nanti akan terbawa. Yoga akan membuahkan hasil jika kamu melalukannya dengan konsisten.

Studio Yoga

Untuk pemula disarankan untuk mempraktekkan gerakan yoga didampingi oleh instruktur. Jadi saya tidak menyarankan untuk latihan sendiri hanya dengan paduan pada CD, buku, atau youtube. Kecuali sebagai pengenalan agar kamu lebih memahami tentang gerakan yoga dan manfaatnya. Pilih studio yang sangat terjangkau dari rumah atau kantor. Kamu bisa menghemat waktu dan tidak begitu lelah saat memulai yoga. Ingat, semakin jauh maka semakin banyak alasan untuk kamu malas latihan. Bagaimana jika tidak ada jadwal kelas yang cocok dengan jadwal kerja? Kamu bisa memanggil instruktur untuk datang ke rumah atau kantor dan meminta jadwal latihan setelah jam kerja.

Pilih Kelas Yoga

Bagi kamu yang baru memulai yoga mungkin akan bingung memilih kelas yoga. Memang ada studio yang memisahkan kelas sesuai spesifikasinya. Ada begitu banyak jenis yoga, cari yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan kamu. Sebelum kamu memilih kelas regular, coba berpetualang dahulu untuk mencoba berbagai jenis kelas yoga. Vinyasa atau sering juga disebut dengan Power Yoga, merupakan serangkaian gerakan yoga yang mengalir secara dinamis yang dikombinasikan dengan pengaturan napas. Bikram adalah beberapa gerakan yoga yang spesifik yang dilakukan dalam suhu ruangan yang panas. Jivamukti merupakan latihan meditasi dan chanting. Iyengar adalah gerakan yoga yang mengutamakan kesempurnaan, dalam satu kelas tidak terlalu banyak gerakkan, dan biasanya terdapat banyak properti untuk membantu sebuah gerakan. Acroyoga adalah yoga berpasangan, cocok untuk yang berjiwa petualang. Hatha yoga merupakan teknik yoga yang sudah ada sejak lama, merupakan yoga klasik dan menjadi dasar jenis-jenis yoga yang berkembang.

Yoga Gear

yoga gear

Untuk pakaian pilih yang nyaman. Abaikan brand, fokus ke fungsi. Untuk celana pilih bahan yang menyerap keringat dan tidak menghambat dalam mepraktekkan segala jenis gerakan yoga. Jika memilih celana berjenis legging, pilih yang sangat elastis, nyaman, dan tidak terlalu menjepit kulit. Dalam melakukan yoga, apa yang dipakai tidak menghambat pergerakan yoga dan aliran peredaran darah.

Untuk matras ada beberapa jenis. Untuk pemula tidak perlu terlalu mahal tetapi satu yang penting: tidak licin. Jangan sampai kamu terbebani dengan sebuah harga. Untuk matras bisa pakai dulu yang disediakan oleh studio.

Satu catatan lagi untuk kamu yang belum pernah yoga: Tidak perlu sepatu!

Do and Don’t

Sebelum memulai yoga sebaiknya mulai mengosongkan perut dua jam sebelum latihan. Untuk itu jangan terlalu banyak makan atau minum sebelumnya. Jika ingin makan bisa dilakukan berjam-jam sebelumnya dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Baca juga enam catatan berlatih yoga sebagai paduan kamu dalam melakukan yoga.

Yuk yoga yuk! Yoga itu gak susah!

Processed with VSCO with  preset

4 Lagu di Konser Glenn Fredly yang Mengerti Wanita

Konser “Menanti Arah” dari Glenn Fredly sukses menyenangkan generasi 90an. Pada pembukaan konser di penonton sudah diajak bernostalgia cuplikan singkat lagu-lagu hit di era 90an seperti “Salah” dari Melly Goeslow, “Dan” dari Sheila on 7, dan lainnya. Selain terhibur dengan efek nostalgia, beberapa lagu yang dibawakan di konser tersebut juga menyenangkan wanita.  Seperti mewakili apa yang diinginkan wanita. Konser berdurasi 2 jam dan berisi 20 lagu. Ini dia 4 lagu yang saya nilai sangat mengerti wanita.

Cukup Sudah

“Cukup sudah” merupakan lagu pertama yang mengenalkan saya pada Glenn Fredly. Tentang seorang lelaki yang sudah dua tahun menyukai seorang wanita, yang selama ini memang dekat sebagai teman. Liriknya sangat mewakili keinginan wanita di masa pedekate.

Kau memang cantik dan juga lucu

Kau membuatku tidur tak tentu

Dua tahun ku menutup buku

Tiada yang lain, hanyalah dirimu

Wanita mana yang gak mesem-mesem kalau diginiin, kan?

Pantai Cinta

“Pantai Cinta” dibawakan oleh Glenn Fredly bersama Funck Section, band Glenn Fredly ketika masih mengenakan putih abu-abu. Jika “Cukup Sudah” berada di tahap pedekate dan akhirnya “nembak”, pada lagu ini menceritakan keduanya sudah pacaran. Lirik di bagian chorusnya seperti ini:

Kupeluk dirimu penuh kemesraan

Kita saling menyayangi

Bagaikan deru ombak yang menyatu

Takkan berakhir untuk selamanya

Di pantai cinta

Liriknya mewakili harapan wanita kepada pacarnya. Pas denger ini bawaannya pengen pelukan, kan?

Berakhir di Januari

Namanya juga pacaran, bisa jadi putus. Saya yakin bahwa umumnya wanita lebih menyukai mantan yang susah move on dibanding mantan yang kilat dapat pacar baru. “Berakhir di Januari” terbilang sukses. Pada masa itu rata-rata band cafe membawakan lagu ini, tanda sebuah lagu banyak di-request oleh pendengar.

Bukan salahmu

Apa dayaku

Mungkin benar cinta sejati

Tak berpihak pada kita

Si pencipta lagu ini tau banget perasaan cewek. Masih ingat istilah “wanita selalu benar” kan?

Pada Satu Cinta

Glenn menyebut banyak wanita yang menyukai lagu ini, berisi tentang kejujuran seorang lelaki. Penasaran? Coba deh cari liriknya di google!

Processed with VSCO with  preset

Stretching Sore di Taman Ayodya

Bicara tentang sore, saat yang tepat untuk merelaksasikan badan. Hirup udara luar, stretching,  dan buat menjadi menyenangkan. Stretching bermanfaat untuk meregangkan otot-otot dan tendon yang kaku. Sebelum melakukan yoga, stretching seperti ini juga bisa dijadikan pemanasan untuk mempersiapkan tubuh dalam melakukan rangkaian gerakkan yoga.

Cari taman terdekat yang tidak terlalu jauh dari rumah atau kantor. Bia kamu gak bingung dan bisa yoga dengan nyaman, bisa membaca dulu 7 Tips Yoga di Taman.

Melakukan yoga di Taman Ayodya merupakan keputusan yang tepat untuk menikmati sore. Tubuh menjadi lebih relaks dan bisa melihat pemandangan taman yang teduh. Yuk, stretching!

 

Processed with VSCO with  preset

#CeritaSore: Sore, Rindu, dan Taman

Sore. Ada yang menganggapnya sebagai waktu melepas lelah. Ada juga yang masih sibuk mengejar deadline agar bisa pulang tidak terlalu larut. Sebagian dijadikan waktu rehat sejenak untuk lanjut ke tumpukan pekerjaan. Tapi untuk saya, sore saat yang asik untuk kumpul bersama teman.

Bicara tentang sore, apa yang pertama terbayang? Jika saya langsung terbayang pada pisang goreng dan kopi. Bagi saya sore itu tentang kebiasaan atau hal-hal yang dirindukan. Dan kita rindu pada hal-hal yang sudah menjadi biasa, bukan?

Sore kemarin bersama Om ded, Goenrock, Shinyo, dan Nino bukan hal yang biasa saya lakukan, juga bukan hal yang saya rindukan, tapi hal yang saya inginkan. Sebelumnya punya angan-angan untuk membuat video yoga. Tidak muluk-muluk, saya beberapa menit saja. Dari awal kumpul di Yesteday Lounge untuk ngobrol santai dan menikmati pisang goreng, kami bergeser ke Taman Ayodya.

Taman Ayodya terletak di tengah kota, yaitu jalan Barito, Jakarta Selatan.  Sore itu tidak terlalu ramai, hanya beberapa orang yang sedang menikmati hari di bawah langit yang sudah teduh. Hanya duduk dan saling bercerita dengan pasangan, ada juga yang mengajak anak untuk bermain. Di antara susana yang begitu santai, kami datang tanpa menyempatkan untuk duduk. Sibuk untuk mencari spot yang bagus untuk pegambilan gambar. Ketika itu yang kami kejar adalah waktu. Waktu yang menentukan matahari. Jika sudah gelap, tentu rencana sudah beda lagi.

Saya menikmati sore dengan stretching ringan, teman-teman yang lainnya mengambil gambar. Suasanya rileks, bisa ngobrol dan tertawa. Sungguh sangat sore sekali! Sayangnya kurang secangkir kopi dan pisang goreng. Bicara tentang sore, ada yang perlu di tambahan: Moment untuk dijadikan kerinduan berikutnya.

Processed with VSCO with  preset

Bermain Peran di Trick Art Gallery 3D

Hari minggu, yang juga merupakan hari terakhir dari rangkaian Brikpiknik sesi Bali. Pada saat itu mata masih terasa mengantuk dan perut tidak terlalu nyaman. Saat sampai di lokasi Trick Art Gallery 3D saya masih kurang bersemangat. Ketika turun dari bus, saya masih bergantung pada kacamata hitam untuk menutupi mata yang masih pantang terkena sinar matahari. Masih ngantuk berat!

Sampai ke dalam ruangan gallery, belum ada hal yang aneh. Dalam pandangan saya hanya jejeran lukisan di dinding dengan berbagai bentuk Objek. Impresi saya masih di level “oh”. Tapi saya melihat teman-teman semua bersemangat untuk bergantian mengambil foto. Rasa penasaran pun perlahan muncul. Akhirnya mencoba mengintip hasil fotonya dan KOK BAGUS!

Karena rasa kantuk mulai hilang dan perut yang mual sedikit membaik, saya langsung ‘ngintil’ para fotografer peserta brikpiknik. Serunya di brikpiknik adalah pesertanya banyak fotografer profesional yang dengan rela untuk dimintai foto. Trick Art 3D adalah sebuah trik lukisan tentang suatu objek yang menghasilkan ilusi 3 dimensi yang menakjubkan ketika sudah terekam dalam sebuah kamera. Kita juga bisa menyatu dengan objek dalam lukisan menjadi suatu cerita dengan ekspresi, gerakan tubuh, dan posisi yang tepat. Untuk yang memoto pun, posisi pengambilan gambar harus tepat agar ilusi yang dihasilkan bisa didapat.

Dengan bantuan fotografer handal Goenrock dan Jhones Gozali saya pun bermain peran di dalam galeri.

Putri Wanita Biasa yang Kesepian

Pada suatu hari…

Ada seorang wanita biasa yang mencari kebahagiaan. Dia merasa kebahagiaan bisa diraih dengan uang. Wanita tersebut  mencoba untuk mencari rezeki yang halal, yaitu…

mencari harta karun. Tapi gagal!

Bukannya ketemu harta karun, malah jembatan rusak. Huh!

Karena harta karun yang dicari tidak ditemukan, akhirnya dia mencari peruntungan lain: Jadi tukang cukur istana!

Setiap hari yang didengar obolan politik, bukanya skandal seks para pejabat, akhirnya si wanita itu pun mulai bosan. Padahal kalau dia dapat bocoran gosip kan bisa dijual ke media gosip. Gagal kaya!

IMG-20150920-WA0016[1]
Ngomongin politik mulu. Gue botakin aja deh!
Si wanita itu akhirnya merasa sepertinya uang memang bukan sumber kebahagiaan. Ya karena gak sukses juga sih. Dia jadinya lebih sering merenung. Setelah merenung tiga hari tiga malam dia pun inisiatif berdoa “Tuhan.. jikalau saya gak bisa kaya, tolong kasih jodoh aja. Saya Ikhlas!”. Sungguh inisiatif yang sangat telat. Kenapa harus nunggu tiga hari?

Setelah berdoa tiba-tiba ada secercah cahaya yang datang. Tiba-tiba tubuh wanita itu keluar sayap dan perlahan menuju ke angkasa dengan otomatis. Alhamdulillah bukan manual, karena si wanita biasa itu belum pernah terbang sebelumnya. Repot mindahin giginya. (krik!)

IMG-20150920-WA0018[1]
fly.. fly.. fly..
Setelah di angkasa dan melewati beberapa awan, sayapnya lenyap. Seperti cerita Cinderella yang kekuatan magisnya hanya sampai jam 12 malam. Dengan panik si wanita biasa itu teriak minta tolong. Kemudian ada Pegasus datang. Dengan kekuatan Pegasus yang putih dan gagah itu, si wanita biasa pun melayang.

“Apakah kamu jodoh saya?” , dan pegasus itu menjawab:

“Ya bukanlah, Bego!” dengan penuh emosi.

Kalau bukan jodoh, terus apa? TTM?

 

Pegasus perlahan menurunkan volume suaranya dan berbisik pada wanita biasa itu,  “Saya bukan jodoh kamu tapi bisa membantumu mendapat jodoh. Coba kamu pergi ke arah selatan dan mendekati gua di Hutan Amateus. Petunjuk jodohmu ada di sana.”

Mendengar perkataan tersebut si wanita biasa langsung sumringah. Esok harinya dia langsung pergi ke salon sebelum memasuki hutan belantara. Setelah sudah merasa cantik dan ciamik, maka wanita biasa tersebut dengan penuh percaya diri berjalan ke Hutan Amateus untuk mendekati gua yang dimaksud. Saat beberapa meter menuju gua, tiba-tiba ada seekor ular raksasa yang dengan tiba-tiba hadir di hadapan si wanita biasa. Wanita itu berputar arah dan berlari, sedangkan si ular malah semakin atraktif mengejar.

“PLIS LAH! KITA BUKAN JODOH! IKHLASIN AKU!” teriak si wanita itu kepada sang ular. 

KITA GAK JODOH!
KAMU BUKAN TIPE AKU!

Si wanita biasa itu pun akhirnya pasrah. Harus berlari keliling hutan melewati sungai dan rawa sungguh berat untuk wanita biasa yang jarang berolahraga. Wanita biasa itu menutup mata karena gak sanggup melihat dirinya digerayangi oleh ular yang perutnya gak sixpack. Saat mulut ular itu tepat di bibirnya, tiba-tiba tekstur bibir ular terasa berbeda. Lebih keras dan licin. Karena rasa penasaran lebih kuat daripada rasa takut, akhirnya dia nekat membuka mata. 

Loh, kok kamu jadi Ironman?
Loh, kok kamu jadi Ironman?

Ternyata si Ironman mengaku bahwa dia selama ini terkena kutukan mantan pacarnya. Kutukan itu terlepas saat ada wanita biasa yang menciumnya. Meski harus dipaksa. mereka pun akhirnya terbang bersama. Ternyata kalau siang sayap si wanita itu invisible.

Dan wanita itu pun akhirya menemukan kebahagiaannya. Tamat.

IMG-20150920-WA0019[1]