IMG-20180604-WA0030

9 Hal yang Perlu Dihindari Saat Yoga Hamil

Prenatal Yoga atau Yoga Hamil disarankan untuk para calon ibu agar tetap relaks dan fit di masa kehamilan. Selain itu juga dapat membantu melancarkan masa persalinan. Pranayama selama kehamilan dapat membantu ibu hamil dari stress dan kelelahan dan baik dipraktekkan setiap hari. Untuk para pemula mungkin masih ada rasa takut apakah yoga ini aman atau tidak untuk kehamilannya. Catatan penting bahwa dalam menjalankan prenatal yoga selalu memantau kondisi kehamilan dan menjalin komunikasi dengan instruktur yoga dan dokter. Ada beberapa catatan yang perlu dihindari selama melakukan prenatal yoga:

Over Stretch

Jangan samakan kondisi sedang hamil dengan kondisi sebelum hamil. Hindari Stretching yang berlebihan. Dalam melakukan pose yoga, kaki sedikit ditekuk.

Bandha Chakra

Secara umum. Dalam melakukan yoga dengan mengunci tiga chakra, yaitu muladhara, svadhistan, dan manipura. Titik ini berada di sekitar perut dan perineum. Akan tetapi di masa kehamilan tidak boleh ada penguncian perut. Dikawatirkan akan terjadi kontraksi. Lakukan gerakan yoga dengan perlahan dan sesuai kemampuan.

Gerakan pada titik perut

Saat yoga kita sering memusatkan power pada core, di masa kehamilan justru perlu dihindari terkait dengan resiko. Saat masa hamil, perut kita membesar dan sulit untuk menyangga beban tubuh dengan rectus abdominus (otot yang terlihat saat perut six-pack). Sebagai penggantinya biasanya kita menggunakan obliques (otot perut yang berada pada bagian sisi perut). Obliques yang digunakan terlalu kuat dapan penarik bagian otot perut, menyebabkan kondisi diastasis. Untuk itu disarankan agar menghindari pose yang berpusat pada perut.

Deep Twist

Gerakan twist seperti Ardha Matsyendrasana boleh dilakukan tetapi tidak berlebihan. Jangan memelintir tubuh yang terlalu dalam. Untuk menghindari terhambatnya sirkulasi. Lakukan twist dengan lutut (yang menempel pada matras) yang lurus, tidak ditekuk.

Merebahkan badan tanpa penyangga

Saat memasuki trimester kedua keadaan perut sudah semakin membesar, hindari gerakan yang merebahkan badan dengan tumpuan tulang belakang seperti savasana. Jika ingin melakukan pose ini disarankan dengan penyangga pantal yang diletakkan di bawah perut. Ditakutkan akan menghambat aliran darah dan nutrisi untuk perkembangan janin melalui uterus. Ini juga beresiko meningkatkan lowerback pain, heartburn, dan meningkatkan tekanan darah.

Deep Backbend

Hindari gerakan penekukan ke belakang yang dalam, seperti gerakan chakrasana. Jika kamu sudah latihan yoga bertahun-tahun dan sudah tulang belakang cukup fleksibel maka dapat dilakukan pada trimester pertama, dengan catatan kondisi kehamilan tidak dalam masalah. Terkait dengan resiko yang akan terjadi disarankan untuk melakukan gerakan backbend dengan Camel Pose atau juga disebut Utrasana.

Inversion

Ditakutkan akan beresiko kehilangan keseimbangan dan terjatuh sehingga membahayakan ibu dan janin. Saat hamil maka beban perut biasanya membuat keseimbangan kita berkurang. Apalagi dalam prenatal yoga core kita yang biasanya sebagai power dalam yoga pose diistirahatkan.

Hot Yoga

Hot Yoga atau Bikram adalah yoga dalam suhu ruangan panas yang membuat tubuh mengeluarkan keringat yang sangat banyak. Dikawatirkan akan terjadi dehidrasindan mengganggu kesehatan janin, maka sebaiknya tidak melakukan yoga dalam ruangan yang terlalu panas. Lakukan di ruagan yang sejuk dan nyaman hingga tubuh merasa rileks dalam mempraktekkan yoga.

Latihan Terlalu Keras

Selalu ingat bahwa tujuan prenatal yoga adalah agar menjaga fleksibilitas tubuh, mengurangi rawa sakit seperti lowerback pain, mengurangi stress dan rasa lelah, dan memberikan bonding time dengan janin.

Semoga sehat selalu, ya!

 

IMG-20180604-WA0030

Apakah Prenatal Yoga bisa dilakukan untuk pemula?

IMG_6607

Ada beberapa teman yang ingin mencoba prenatal yoga tapi ragu-ragu karena belum pernah latihan yoga sama sekali. Dalam bayangan mereka yoga adalah satu latihan yang sulit karena terdiri dari berbagai pose yang (dianggap) rumit. Padahal yoga untuk pemula terdiri dari gerakan yang simple, tidak sesulit yang dibayangkan. Saat kamu memasuki kelas yoga, maka kamu akan didampingi oleh seorang instruktur yang certified. Seorang instruktur akan memberikan gerakan yoga yang disesuaikan dengan usia kehamilan. Jika kamu masih merasa ragu, coba ikuti saran aku di bawah ini:

Konsultasikan dengan dokter

Agar kamu merasa yakin dan aman, sebelum mendaftar kelas yoga coba konsultasikan kepada dokter kandungan atau bidan.

Fokus saat latihan

Saat di kelas jangan fokus hanya pada diri kamu dan instruksi dari intruktur yoga. Perhatikan selalu step by step, dari mulai permapasan hingga gerakan.

Listen your body

Lakukan gerakan dengan perlahan dan lembut. Yoga dipraktekkan tidak dalam keadaan buru-buru, harus relaks. Yoga posture generally desinged to stretch, not strain. Jika saat yoga berlangsung kamu merasakan nyeri atau tidak nyaman, hentikan. Jika kamu merasa lleah, ambil istirahat sejenak. Jangan memaksakan tubuh.

Jalin komunikasi dengan instruktur

Katakan pada instruktur usia kandungan dan kondisi kehamilan. Sebagai catatan, untuk yang memiliki masalah tertentu juga wajib disampaikan pada instruktur yoga. Misal, mempunyai masalah pada lowerback. Jangan lupa untuk mengatakan pada instruktur agar dia bisa memahami dan dapat menyesuaikan gerakan yang cocok untuk kamu.

Membawa botol minuman

Jangan lupa untuk membawa air putih. Jika terasa sangat lelah, minum secukupnya untuk kembali menyeimbangkan tubuh dan memberi rasa nyaman.

Semoga ini bisa memecahkan rasa ragu-ragu kamu ya. Namaste!

IMG-20180604-WA0030

Launching Indosat Ooredoo: Bagaimana melafalkan kata Indosat Ooredoo yang benar?

Bagaimana kamu menyebut kata “Ooredoo”?

Jika melafalkan huruf O seperti menyebut kata “Donat”, berarti kita temenan! Saya pun mengira pelafalannya adalah “Oredo”. Tanggal 19 November kemarin saya menghadiri acara peluncuran nama dan logo baru untuk Indosat. Jika kita terbiasa memanggil “Si Kuning”, sekarang mungkin harus berpikir dua kali karena warna merah kini berdampingan dengan warna kuning dalam satu logo. Kata pak Alexander Rusli–Presiden Direktur dan CEO PT Indosat–merah mewakili Ooredoo yang menjadi induknya. Kuning mewakili Indosat. Pemilihan warna ini karena diartikan penuh semangat sesuai brand yang diusung.

Lalu bagaimana melafalkan kata “Ooredoo” sebenarnya? Melafalkannya adalah “Uridu”. Pelafalan huruf U sedikit dipanjangkan. Jadi ingat bahasa arab ya? Memang benar! Kata pak Alex “Ooredoo itu dari Bahasa Arab, alif ro’ dal, yang artinya ‘aku ingin’ atau ‘saya mau’. Filosofi itu yang kita gunakan untuk lebih dekat dengan pelanggan. We have to treat customer as a friend, have to be fair, have to be friendly. Itu guidance untuk call center, galeri, dan lainnya,”.

Agak sulit ya, mungkin karna belum terbiasa. Ini juga yang menyebabkan masih ada nama Indosat di depannya. Brand “Indosat” sudah melekat oleh masyarakat Indonesia. Selama dua tahun Indosat memilih nama dan logo yang representatif,  dan akhirnya menggunakan nama Indosat Ooredoo.

Lalu apa bedanya dengan Indosat yang lama?

Sekarang ini di linimasa sudah ramai dengan #IndonesiaDigitalNation sebagai pergerakan untuk membawa Indonesia menuju telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, sesuai dengan visi Indosat Ooredoo. Untuk para pelanggan akan menyediakan layanan yang mampu menjawab kebutuhan digital pelanggan dengan program-program Indosat Ooredoo. Salah satu bentuk pelayannya adalah menyajikan paket data yang lebih simpel, agar masyarakat lebih mudah dalam menentukan pilihan. Untuk produk dan tarif disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Halo, Indosat Ooredoo!

Eits, jangan salah sebut ya. Pelafalannya harus  “Uridu”! U-nya agak panjang dikit.

IMG-20180604-WA0030

6 Makanan yang Bersahabat Ketika Sakit Gigi

“Lebih baik sakit hati atau sakit gigi?”

Pertanyaan yang didapatkan ketika sakit gigi. Jelas saya akan menjawab “SAKIT HATI!”. Ini untuk mengungkapkan betapa tidak nyamannya sakit gigi. Ketika terasa nteri saya langsung ke dokter gigi langganan dekat rumah. Ternyata solusinya harus dicabut. Karena keadaan masih sakit dan nyut-nyutan maka saya diberi obat penahan rasa sakit  dan menunggu satu minggu hingga siap dicabut. Lalu bagaimana dengan makan?

IMG_20151118_123922

Saat sakit gigi yang terjadi adalah perut lapar tapi mulut tidak mampu mengunyah. Akan tetapi tubuh perlu asupan makanan sebagai sumber energi dan membantu proses penyembuhan. Setelah mengalami 5 hari sakit gigi kemarin, inilah makanan yang bisa dijadikan pilihan saat sakit gigi:

Sereal Gandum

Sereal merupakan makanan yang mudah dikonsumsi. Seperti minum air tetapi ada serat yang terkandung. Bisa membuat sendiri dengan mencapurkan oatmilk dan susu dan bisa juga dengan yang instan. Saat sakit gigi saya hanya menyeduh sereal yang instan. Karena praktis dan tinggal seduh. Apalagi saat sakit gigi sudah tidak mampu untuk melakukan kegiatan masak memasak. Sereal instan yang saya konsumsi sudah mengandung kalsium, vitamin D, dan kalsium. Pas banget kan untuk gigi.

Sup Ayam

Tidak terpaku pada sup ayam, bisa juga dengan sup daging lainnya. Saat sakit gigi saya tidak dapat mengucap sayuran sekalipun. Hanya makan dengan menikmati nasi lembut dan kuah sup. Dalam semangkup sup ayam, energi bisa diperoleh dari kaldu dalam kuah sup.  Akan tetapi memakannya harus dalam keadaan dingin atau hangat-hangat kuku. Memakan makanan yang terlalu panas akan membuat tidak nyaman pada gusi.

Sapo Tahu

Tahu sutera memiliki tekstur yang lembut. Proses mengunyah pun menjadi lebih nyaman. Tahu merupakan sumber protein. Tahu memiliki kandungan berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, kalium. Tahu juga menganung vitamin D, A, B6, C, thiamim, riboflavin, niasin, asam folat. Selain sereal, tahu merupakan makanan paling sering mengisi perut saya. Walaupun tidak selalu dimasak berupa sapo tahu.

Pisang

Pisang buah yang memiliki teksur yang lebih dan bergizi. Cocok untuk yang sedang menderita sakit gigi yang cenderung malas untuk mengunyah. Pisang merupakan sumber energi yang mengandung serat, vitamin, dan mineral. Dengan mengonsumsi buah ini makan tubuh kita menyerap kandungan kalium yang tinggi,  serta beberapa kandungan mineral magnesium, kalsium, dan zat besi. Kelebihan lain dari buah pisang adalah: Bisa langsung dimakan tanpa harus memasak.

Sandwich

Sandwich salah satu makanan praktis dan bergizi. Saat sakit gigi harus lebih selektif dalam memilih roti.  Harus dengan teksur yang lembut dan mudah dikunyah. Tinggal memilih filling untuk sandwichnya. Telur dan keju bisa menjadi pilihan karena makanan ini juga mudah dikunyah. Bisa juga dengan memberi selai kecang. Padukan dengan segelas susu agar lebih nikmat dan membantu untuk melunakkan roti dalam mulut.

Ice Cream

Siapa yang tidak suka ice fream? Saat dokter gigi saya menyarankan memakan ini untuk membantu mengurangi rasa sakit maka saya pun dengan semangat membeli ice cream. Jangan memaksakan gigi untuk menggigit. Yang terjadi malahan akan bertambah sakit. Makan dengan perlahan. Setelahnya jangan lupa minum air putih yang sedikit hangat dan berkumur.

 

Semua makanan di atas adalah makanan yang mudah dikunyah dan juga mengandung nilai gizi dan dapat dijadikan sebagai sumber energi. Ketika sakit gigi disarankan untuk menghindari makanan yang manis, asam, dan pedas, karena akan memberi ngilu pada gigi. Temperatur makanan juga lebih dijaga. Jangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Untuk membantu meredakan rasa sakit dapat dicoba dengan untum bunga cengkeh. Cengkeh merupakan tanaman obat yang dapat membantu mengurangi rasa sakit saat sakit gigi. Kuntum bunga cengkeh sudah ada dalam bentuk essential oil, jadi lebih mudah dilarutkan dalam minuman atau sebagai campuran bahan makanan. Kuntum bunga cengkeh dipercaya dapat mengobati sakit gigi. Tanaman ini dapat menghangatkan dan menghilangkan rasa sakit. Cengkeh memiliki kandungan serat diet omega 3, vitamin C, magnesium, dan kalsium. Untuk meredakan rasa sakit pada gigi, kamu bisa langsung memberi essential oil. Caranya dengan menetesinya pada kapas dan diljejalkan pada lubang gigi yang sakit. Lakukan 8 jam sekali.

IMG-20180604-WA0030

Ekplorasi Yoga di Batu Tapak

DSC_0751

“Jika berpikir sulit maka akan selalu merasa sulit. Jadi jangan menganggap perjalanan ini sulit. Begitupun dalam hidup, jika kita selalu berpikir berat makan akan selalu merasa berat  dalam menjalaninya. “

Tapak Batu adalah satu nama camping ground yang terletak di daerah Cidahu, Sukabumi. Berada tepat di kaki Gunung Salak. Perjalanan dimulai dari Bekasi pukul 6 pagi dan sampai lokasi pukul 9 pagi. Saat itu jalanan lumayan lancar. Karena tujuan utama adalah yoga outdoor, maka ketika sampai langsung melakukan sesi yoga pagi.

Pranayama dan Pratyahara

unnamed (2)

Yoga di alam terbuka pada pagi hari memang salah satu nikmat yang mahal. Tuhan memberi energi yang begitu besar melalui alam semesta. Hanya memejamkan mata dan merasakan harmoni antara alam dan tubuh melalui penarikan dan hembusan napas. Dengan pranayama mulai mengatur ritme jantung dan  melepaskan sifat duniawi untuk mendapat pikiran yang lebih tenang. Pratyahara adalah meningkatkan sensibilitas kelima panca indera, agar dapat lebih peka lagi terhadap stimulus yang diberikan alam semesta.

Asana dan Pemanasan

unnamed (3)

Selain yoga, tujuan utama saya dan teman-teman ke Tapak batu adalah untuk menikmati air terjun yang terletak sekitar 4km dari lokasi.  Karena  medan menanjak dan menurun, maka  perlu persiapan secara fisik.  Peregangan dan penguatan hip-flexor, paha, hamstring, betis merupakan fokus latihan kali ini.  Tidak lupa untuk penguatan core. Yoga sequence sama dengan latihan untuk runner, yaitu menyertakan low-lunge, warrior 1 pose, plank, hip-streching. Menu utamanya adalah vinyasa yoga, yaitu rangkaian yoga pose yang dilakukan secara berurutan dengan mengatur pernapasan. Dengan seperti ini diharapkan saat melakukan perjalanan nanti tidak terlalu tergengah-engah saat bernapas.

Latihan berhenti saat peregangan akhir dan tidak ada relaksasi berupa savasana (corpse pose). Karena ini adalah gerakan pemanasan untuk melakukan perjalanan.

Isi perut, isi tenaga

unnamed (4)

Tepat pukul 10 pagi. Saya tahu bahwa yoga baiknya dilakukan dalam keadaan perut kosong, oleh karena itu mengisi perut dilakukan setelah sesi yoga. Entah ini termasuk makan pagi atau siang, yang jelas mengisi hanya secukupnya untuk bahan bakar perjalanan. Jika perut terlalu kenyang maka nanti akan lebih sulit bergerak dan bisa juga menjadi mual. Bernapas pun akan lebih sulit.

Menempuh perjalanan dengan menyatukan mind, body, and soul

DSC_0812

DSC_0820

 

“Jika berpikir sulit makan akan terasa sulit. Jadi jangan menganggap perjalanan ini sulit.”

Ujar bapak Lande, tour guide kami saat itu. Biarpun jalan yang ditempuh berupa tanah dan bebatuan yang menanjak dan menurun, tetapi tetap dibawa dengan rasa suka dan tidak berpikir sulit. Pikiran memiliki pengaruh besar terhadap tubuh.

” Begitupun dalam hidup, jika kita selalu berpikir sulit makan akan selalu merasa sulit dalam menjalaninya. “

Jika tubuh terasa lelah, bisa diistirahatkan sejenak. Walaupun membawa minum, tetapi tidak terlalu banyakmeminum air, hanya untuk membasahi tenggorokkan. Jika perut penuh terisi air maka berjalan menjadi kurang nyaman.. Membuat perjalanan menjadi hal menyenangkan adalah kuncinya. Bisa juga dengan melakukan stretching untuk sedikit mengurangi rasa pegal.

BEBAS di Air Terjun

DSC_0840

IMG_20151111_103253

IMG_20151111_103356

DSC_0934

Akhirnya sampai di air terjun. Saat melihat air terjun, yang pertama terpikir adalah bebas. Bebas dalam arti membebaskan pikiran dari beban pikiran, membebaskan tubuh dengan bermain sesukanya dengan air. Akan tetapi selalu ingat untuk tidak meninggikan ego dengan menantang alam. Hati-hati tetap perlu. Meditasi dengan merasakan irama air yang mengalir dapat membantu menjernihkan pikiran. Air di sini sangat dingin dan jernih dan dipercaya dapat membuat awet muda. Saya dan teman-teman pun dengan semangat membasuh wajah dengan kejernihan air di Tapak Batu.

Relaksasi!

Sebelum terlalu sore maka kami pun bersiap pulang. Kembali menempuh medan yang naik turun. Saat menurun mungkin akan terasa lebih ringan, tetapi saat menanjak perlu memperhatikan napas agar tidak terasa sesak. Stretching bukan hanya diperlukan di awal akan tetapi, seperti tulisan saya pada postingan sebelumnya yaitu Stretching Setelah Mendaki Gunung. Pendinginan diperlukan untuk menghentikan produksi asam laktat yang meningkat usai melakukan aktivitas fisik yang berat. Agar setelahnya tidak terjadi kekauan dan nyeri pada otot. Setelah peregangan saya pun membersihkan diri dengan mandi di Toilet VIP yang tersedia. Relaksasi total.

Yoga di Tapak Batu bikin happy!