IMG-20180604-WA0030

Piknik ke Kiluan Bay: Dari Menyetir Mu-X sampai Kapal Ferry #MakesUeXciting

img1454208284644

Tepat seminggu yang lalu saya bersiap pulang dari perjalanan #MakesUeXciting bersama Isuzu Mu-X dan teman-teman @lovepiknik untuk kembali ke Jakarta. Saya tidak akan bercerita bagaimana akan pulang, tetapi perjalanan saat berangkat ke Kiluan Bay. Kiluan Bay (Teluk Kiluan) terletak di Provinsi Lampung. Bagi saya ini pertama kali bisa mengunjungi Lampung. Pengalaman ini mungkin akan biasa jika hanya duduk cantik di bangku penumpang pesawat terbang. Mungkin tidak sampai 1 jam sudah sampai Jakarta-Lampung. Tapi kali ini menempuh jalur darat dan laut. Kami berkesempatan mencoba keluaran terbaru Isuzu Mu-X. Dari tiga regu, saya satu tim bersama Om Wicaksono (Ndorokakung), Shinyo, Leni, dan Dio. Dari titik keberangkatan saya tidak melepas kesempatan nyicip Mu-X. Tiba-tiba saya merasa gagah. haha..

IMG-20160129-WA0004
Bersama regu #Sayang

Tidak lama saya menyetir, karena ingin merasakan seru-seruan di bangku penumpang. Biar bisa #NyanyiDiMuX, #JogedDiMuX, #NgobrolDiMuX. Di dalamMu-X sudah terpasang dua action camera yang akan merekam aktivitas kami di mobil. Seru, kan? Karena Kiluan berada di seberang pulang, maka harus menyebrang kapal dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni. Ini juga pertama kali saya naik kapal Ferry. Sempat berkeliling di sekitar kapal. Kemudian kami berkesempatan untuk masuk ke ruang navigasi kapal. Sepertinya ini golden ticket karena dalam perjalanan ada teman kami yang merupakan penyanyi yang lagunya sudah banyak dikenal, Anji. Jadi kami langsung dituntun ke ruang navigasi oleh awak kapal. Wah, sering-sering aja ya bawa teman artis. :p

Meski cuma beberapa detik mencoba membawa Kapal Ferry tapi cukup bikin saya merasa keren.

Pukul 4 sore kami sudah sampai Bakauheni. Ternyata untuk ke Bandar Lampung memerlukan waktu 3 Jam. Kami menginap di Hotel Horizon Bandar Lampung. Kondisi jalan lumayan berliku. Ditambah hujan jadi yang mengendarai harus ekstra hati-hati. Untungnya mobil yang kami gunakan memang sesuai untuk jalur yang penuh tantangan. Buktinya kami tetap pulas tidur meskipun jalan berliku. Road Trip #MakesUeXciting menuju Kiluan Bay hari pertama, naik Mu-X pertama, naik Kapal Ferry pertama, dan menginjak Lampung pertama kali ini sangat mengesankan. 🙂

 

 

IMG-20180604-WA0030

6 Manfaat Kayang yang Belum Banyak Orang Tahu

IMG_8680 (1)

Pasti kamu tahu sikap kayang, kan? Dalam yoga disebut Chakrasana atau Wheel Pose. Ada juga yang menyebutnya Urdhva Dhanurasana. Mungkin terdengar sederhana tapi manfaat dari sikap kayang ini lumayan banyak, seperti:

  1. Membuat tulang punggung tetap sehat dan energik

Saat usia muda mungkin hal ini sedikit diabaikan, akan tetapi bayangkan saat usia sudah mulai senja dan tulang punggung sudah mulai bermasalah. Tulang punggung merupakan satu dari elemen penting dalam tubuh. Sedikit saja bermasalah maka aktivitas akan terganggu. Tidak dapat berjalan dengan tegap misalnya. Kayang atau Wheel pose membantu tulang punggung untuk kuat dan elasis sehingga tetap sehat dan energik.

  1. Membentuk otot tubuh

Kayang juga dapat membantu menguatkan beberapa bagian dalam tubuh lain seperti lengan, pergelangan tangan, perut, kaki, bahu, dan dada. Dengan ini maka mempercepat pembentukkan otot di bagian tersebut jika dilakukan secara rutin.

  1. Membantu terapi untuk masalah pernapasan

Saat melakukan posisi ini maka otomatis terjadi pembukaan pada rongga dada sehingga penyaluran oksigen pada paru-paru pun meningkat. Oleh karena itu dapat membantu terapi bagi yang memiliki asthma.

  1. Meningkatkan fleksibilitas pada beberapa organ tubuh

Selain tulang punggung, posisi ini juga membantu fleksibilitas pada bagian pinggul. Selain membantu tubuh menjadi fleksibel juga membantu otot menjadi kencang.

  1. Memberi energi yang positif

Biarpun posisi ini seperti biasa saja tetapi ternyata dapat memberi energi baik pada tubuh, baik fisik dan mental. Dipercaya dapat mengurangi stress, kelelahan, dan menenangkan pikiran.

  1. Mengobati patah hati

Loh, kok bisa? Saat melakukan kayang tubuh kita terjadi pelengkungan ke belakang yang membuat bagian dada terbuka. Dalam yoga di sinilah kita menyerap elemen-elemen positif ke dalam tubuh baik fisik dan mental. Patah hati memang menyiksa. Dengan pikiran yang tetang maka kita akan mampu memaafkan masa lalu dan membuka untuk harapan ke depan yang lebih baik.

Tentunya diperlukan latihan yang rutin agar dapat memperoleh manfaat yang diharapkan. Di bawah ini ada acara-cara melakaukan Kayang atau Chakrasana atau Wheel pose atau Urdhva Dranurasana.

IMG-20180604-WA0030

8 Info Penting Kalau Mau Ke Transera Waterpark

DSC_1978

Sabtu kemarin kedatangan keponakan yang masih liburan sekolah. Usianya seumuran Farrel. Langsung kepikiran ngajak jalan-jalan yang seru tapi gak usah jauh-jauh. Akhirnya memilih ke Transera Waterpark.Ternyata keponakan saya ini memang sudah berencana ke sana, lihat dari tv katanya. Saya buka websitenya, tiket bisa dipesan secara online dan ternyata lebih murah. Untuk weekend dan hari libur HTM 87.000, untuk weekdays 85.000. Tetapi jika pembelian tiket secara regular harganya berbeda. Weekend dan 125.000 dan weekdays 85.000. Mungkin sengaja dibedakan agar antrian tiket untuk pembelian langsung tidak terlalu panjang. Wahananya lumayan banyak dengan konsep taman rekreasi air bernuansa alam Afrika. Transera Waterpark terletak di Kota Harapan Indah, Bekasi. Perbatasan Bekasi dengan Jakarta Timur. Untuk dari luar Bekasi bisa lewat tol dan keluar dari Bekasi Barat. Kalau sulit bisa pakai GPS kok hehe..

IMG_20160113_104024-1

Berdasarkan pegalaman ke Transera Waterpark kemarin, ada info penting agar kamu nyaman bermain di sana:

1. Beli tiket secara online

Karena memang lebih murah, terutama untuk weekend. Beli secara regular harganya 125.000 dan jika beli secara online hanya 87.000. Selain itu untuk mempermudah kamu supaya tidak perlu banyak mengantri. Untuk anak kecil yang tingginya di bawah 80cm bisa lolos masuk tanpa membayar. Batas pembelian tiket secara online maksimal 1 hari sebelum masuk. Pembelian tiket bisa ke sini langsung.

2. Pergi pagi atau sore

Bukan apa-apa, kalau siang bolong terik mataharinya gak nyaman. Dan untuk pindah dari satu wahana ke wahana lain itu menyiksa telapak kaki. Saya juga mau komplen sih masalah ini. Harusnya dibikin alas yang lebih manusiawi. Ini kaki bisa melepuh loh kalau berjalan di atasnya. Bisa juga dikasih semprotan air (gak tau namanya) seperti di Dufan agar lantainya gak kering kaya papan penggorengan. Kalau weekend kan jam 8 pagi sudah buka, hari biasa jam 10 pagi. Kalau mau nyari aman sih lebih baik pilih sore hari. Sudah mulai redup dan sepoi-sepoi. Kalau sore juga ada band untuk menghibur penonton.

3. Pakai sandal jepit

Karena repot kalau kamu pakai sepatu, kan? Kalau mau pesan makanan atau mandi sandal ini berguna banget. Ingat, pilih yang berbahan karet agar tidak licin dan supaya sendal kamu tidak rusak.

4. Bawa Sun Protection Lotion

Karena ini wahana outdoor, lebih baik memakai sunblock supaya kulit kamu terlindungi. Krim Sunblock mungkin tidak menangkal matahari untuk membuat kulit kamu lebih gelap, tetapi setidaknya lebih menyaring terpaan sinar ultraviolet yang membahayakan kulit.

5. Pakai Wetsuit

Karena ini wahana permainan air, akan lebih nyaman jika memakai wetsuit. Karena kemarin saya ke sana pas siang hari dan sedang sangat terik, maka mataharinya lumayan menyiksa kulit. Jadi kalau kamu memilih ke sana siang hari, pilihlah wetsuit yang tertutup. Bikini two pieces sungguh tidak disarankan ya. Ini Bekasi loh!

6. Mengisi Deposit Credit yang banyak

Banyak ini maksudnya cukup untuk membeli makanan, sewa gazebo, dan sewa ban. Transera memang lebih murah dari Get!wet, tetapi untuk pemakaian ban sistemnya sewa. Jadi kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk ini. Harga sewa beda-beda sesuai ukurannya, yaitu Single, Double, atau Triple. Transaksinya tidak dengan uang tunai, tetapi deposit credit yang tersimpan dalam gelang karet untuk tiket masuk. Satu rombongan hanya dapat satu gelang, jadi kalau kamu memang datang beramai-ramai transaksinya dipisah saja. Supaya minimal mendapat lebih dari satu gelang. Kalau hanya satu akan repot jika kalian berpencar untuk mau bermain atau membeli makanan. Hati-hati ya, jangan sampai hilang karena bisa dipakai orang lain untuk trasnsaksi.

7. Jangan membawa makanan dan minuman dari luar

Kalau kamu nekat membawa, tetap tidak akan lolos masuk. Kecuali memang membeli di sana. Unyuk minum saya selalu menaruhnya dalam wadah tupperware, jadi pasti lolos. Yang dilarang biasanya air minum kemasan.

8. Membawa peralatan mandi

Kalau gak bawa gimana bilasnya?

IMG-20180604-WA0030

Persiapan Sebelum Memulai Split Pose

Split atau Hanumanasana merupakan gerakan yang tidak mudah untuk pemula. Yang utama diperhatikan adalah cara-cara melakukan split dengan benar. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti:

  1.  Tidak boleh melakukannya saat memiliki cedera, terutama di area hamstring atau groin (kunci paha).
  2.  Sadari kemampuan maksimal tubuh, jangan terlalu memaksa untuk melebihi batasan yang kita miliki
  3.  Lakukan Prep Pose sebelum memulai Split

Pemanasan dan peregangan sangat penting sebelum memulai suatu gerakan yang membutuhkan full stretching, oleh karena itu siapkan pose-pose sebagai berikut:

1. Pachimottanasana (Seated Forward Fold)

Pachimottanasana

Kita menyebutnya juga “Cium Lutut”. Duduk dengan kedua kaki lurus. Tarik napas dan angkat kedua tangan ke atas, kemudian hembuskan napas diiringi menurunkan tulang punggung kebawah hingga menggapai telapak kaki. Usahakan wajah mendekat pada lutut. Akan tetapi pointnya bukan pada lutut, yaitu peregangan pada tulang punggung dan kaki. Untuk itu usahakan tetap dalam posisi lurus. Lakukan selama 5 kali pernapasan yang dalam.

2. Single Forward-Bend Pose

DSC_0945-02

Agar mudah mengingatnya, sebut saja mencium salah satu kaki di depan dengan berdiri. Diawali dengan posisi Adho Muka Svanasana (Downward-Facing Dog Pose). Tarik napas dang angkat salah satu kaki ke atas dengan membuka psendi pinggul, kemudian hembuskan napas dan putar pinggul ke bawah dan dorong kaki yang di atas ke depan hingga berada di antara kedua tangan yang berada pada matras. Kuatkan kedua kaki dan atur dalam posisi lurus (tidak menekuk). Cium lutut. Tahan selama 5 kali pernapasan yang dalam. Ulangi gerakan ini pada pada sisi tubuh yang lainnya.

3. Low Lunge Pose

FullSizeRender (3)

Lanjutan dari posisi sebelumnya, Kemudian tekuk lutut hingga membentuk sudut siku-siku. Posisi Lutut dan tulang pinggul dalam satu garis lurus. Kaki di belakang usahakan tetap lurus. Tahan Selama 5 kali pernapasan. Ulangi gerakan yang sama pada sisi yang lainnya.