20180330_164005(0)-01

5 Alasan Penting Memilih Susu #NewIndomilkUHT1L

FullSizeRender

“Paket!”

Saat mendengar ini dari arah luar langsung bergegas keluar sambil senyum-senyum. Tandanya belanjaan yang dibeli via online telah sampai. Pas saya keluar untuk mengambil paket ternyata ini bukan lipstick, baju, atau sepatu yang saya pesan lewat onlineshop tapi…

Hampers Indomilk UHT 1L
Hampers Indomilk UHT 1L

Jelas senangnya double. Kan gratis! hehe..

Kebetulan saya penikmat susu sejati. Jadi setiap pagi memang selalu minum susu. Apalagi ini ini paket dari Indomilk UHT dengan kemasan yang baru dari Tetra Pak. Ternyata di dalamnya tidak hanya ada susu, tetapi buku resep makanan dan minuman dengan olahan susu. Lama-lama jadi penasaran juga.

Rabu kemarin pas tanggal 17 februari saya membuka lagi buku resep dari hampers Indomilk UHT, dan tergiur mengolah mix buah dan susu. Susu sebagai sumber protein dan kalsium, sedangkan buah sebagai sumber vitamin. Akhirnya aku bikin Sarapan Sehat dengan Orange and Mango Smoothies!

Susu New Indomilk UHT 1L ini lovable banget. Cocok untuk stok di rumah, karena praktis untuk penyajiannya. Dan aku juga suka kemaannya yang eye catchy ini. Anak-nak juga jadi semakin semangat mau minum susu. Apalagi kemasan yang baru ini jadi makin mudah dituang sama anak-anak sekalipun.

Rasanya juga enak. Kalau aku selalu minum yang Full Cream karena lebih cocok untuk aku yang lebih suka susu dengan rasa plain. Berbeda dengan anak-anak lebih suka rasa Coklat karena ada rasa manisnya.

Meskipun termasuk orang yang selalu sedia susu di rumah, tapi punya beberapa pertimbangan dalam memilih. Seperti…

1. Melengkapi kebutuhan gizi harian

Sebagai orang yang aktif saya membutuhkan nutrisi yang melengkapi aktivitas, selain dari makanan utama. Susu mengandung sumber protein dan kalsium yang bisa menjadi sumber energi dan juga memelihara kekuatan tulang. Makanya setiap membeli satu produk yang paling wajib adalah: Membaca Kandungannya!

Kandungan Susu Indomilk UHT 1L
Kandungan Susu Indomilk UHT 1L

2. Praktis

Paling malas kalau mau minum susu aja, membutuh kan effort yang besar. Masalah buka kemasannya, penyajiannya, tumpah-tumpah, dll. Saya sangat terbantu kemasan New Indomilk UHT 1L ini. Lebih mudah dituang jadi terasa sangat terbantu. Apalagi anak-anak jadi bisa menuang susu sendiri. Sekarang sudah dikemas dengan Tetra Brik® Aseptic Edge dari Tetra Pak jadi lebih mudah digenggam dan dituang.

DSC_0029-01
Farrel menuangkan susunya sendiri dengan mudah

3. Hemat Waktu

Karena UHT itu susu yang paling mudah diapa-apain. Bisa diminum langsung atau di-mix lagi dengan bahan makanan lain. Untuk sarapan lumayan bisa menghemat waktu. Apalagi kalau pagi kan biasanya hectic. Anak-anak sekolah dan saya juga harus bersiap untuk yoga.

4. Rasanya enak

Rasa ini sangat penting. Biar semangat dan mau konsisten tentunya harus enak. Jadi anak-anak gak males minum susu. Saya juga kalau masakin puding coklat dengan campuran Indomilk UHT untuk anak-anak ini juga langsung habis.

5. Kualitas susunya terjaga meski tidak masuk kulkas

Dengan kemasan Tetra Brik® Aseptic Edge dari Tetra Pak ini maka kulitas susu di dalamnya jadi terjaga. Selama kemasan belum dibuka makan susu tetap dalam kondisi baik meskipun tanpa disimpan dalam lemari pendingin. Untuk susu yang sudah dibuka baru disimpan dalam kulkas. Bisa hemat space juga, kan?

Karena kemasannya ini jadi bisa tetap segar meski dibawa berpergian. Jadi Tetra Pak ini adalah pelopor teknologi aseptic dan UHT untuk pemrosesan dan pengemasan susu cair di dunia. Teknologi UHT dan kemasan 6 lapis Tetra Pak melindungi dan menjaga nutrisi alami susu tanpa perlu ditambahkan bahan pengawet.

Penting banget, kan?

 

 

20180330_164005(0)-01

6 Cara agar Berhasil Melakukan Balance Pose

Untuk para pemula memang agak sulit untuk mejaga keseimbangan saat melakukan balance pose. Karena kuncinya bukan hanya pada fisik, tetapi juga mental. Dibutuhkan ketenangan dan konsentrasi saat melakukan balance pose.

Balance pose memberi efek pada diri kita bukan hanya secara fisik, akan tetapi mental. Untuh tubuh dapat meningkatkan fungsi equilibrium receptors dalam tubuh, serta  menguatkan dan melonggarkan otot-otot tubuh, Ini salah satu dasar untuk berhasil melakukan yoga pose.

Fungsi secara mental adalah untuk melatih agar bisa fokus dan tidak mudah terdistraksi dari adanya stimulus-stimulus yang masuk melalui panca indera atau dalam atribut pikiran. Ini diperlukan agar dapat stabil di satu tempat dalam beberapa waktu dan menemukan ketenangan.

Akan tetapi untuk bisa berhasil melakukan balance pose tidak mudah. Di kelas masih sering saya melihat peserta yang masih bergerak-gerak ke kanan dan ke kiri karena masih belum bisa seimbang. Untuk yang mengalami masalah yang mungkin kamu memerlukan hal-hal seperti:

Fokus Pada satu titik

Arahkan pandangan mata pada satu titik di depan yang tidak terlalu jauh. Saat fokus pada satu titik, kita tidak terdistraksi pada sekitarnya. Ini membantu dalam menjaga keseimbangan.

Buat akar yang kuat

Ibaratnya sebuah rumah, dalam membangun rumah maka fondasinya harus kuat. Bagian tubuh mana yang akan menjadi fondasi? Yang bersentuhan pada lantai itulah fondasinya. Untuk handstand, berarti kedua telapak tangan. Jika Adho Mukha Svanasana (Downward Facing Dog) yaitu telapak tangan dan telapak kaki harus kuat menjejak pada matras. Itu saja tidak cukup. Tetapi harus dibantu dengan core, yaitu otot perut yang dikencangkan. Jika core lemah maka sulit akan mendapat keseimbangan.

Bergeraklah dengan teratur

Saat melakukan perpindahan jangan dilakukan dengan tergesaa-gesa. Pose yang kita lakukan pasti akan goyah. Lakukan dengan lembut dan teratur. Sadari napas yang kita hirup dan kita hembuskan. Bergeraklah saat exhale dan ikuti ritme hembusannya. Dalam yoga inhale dan exhale berjalan dengan smooth.

Sadari napas dan posisi tubuh

Fokus adalah menyadari aliran napas dan tubuh kita sendiri. Saat perpindahannya pun harus disadari. Dan yang paling penting adalah core. Jangan sampai otot-otot yang membentuk pondasi ini terlepas. Pusat keseimbangan adalah telinga bagian dalam, jadi posisi kepala sangat menentukan. Selalu sadari posisinya.

Bernapaslah dengan tenang dan teratur

Seperti yang sudah dituliskan di atas bahwa saat perpindahan dari satu pose ke pose lain adalah saat exhale dan mengikuti ritme napas. Jika bernapas kita tidak teratur maka pondasi kita pun akan mudah goyah. Pernapasan yang teratur juga dapat membantu pikiran dan tubuh untuk lebih tenang dan stabil. Awali pose dengan melakukan pranayama terlebih dahulu.

Lawan rasa takut!

Untuk posisi yang lebih challenging seperti handstand atau bakasana biasanya kita takut untuk terjatuh. Rasa takut ini membuat kita untuk takut mencoba. Pelajari tekniknya dengan benar dan dukung tempat kita untuk aman. Misalnya menaruh selimut di bawah sebagai penyangga ketika kita jatuh atau berdekatan dengan dinding sebagai sanggaan. Dengan dapat melawan rasa takut maka kita bisa lebih rileks.

Untuk tipsnya bisa juga melihat video “Menjaga Keseimbangan dalam Standing Balancing Pose

20180330_164005(0)-01

Manfaat Pemanasan Sebelum Latihan Yoga

Pemanasan (warm-up) adalah salah satu elemen penting dalam melakukan latihan. Sebelum melakukan berbagai jenis gerakan kita perlu menyiapkan otot-otot dan persendian dalam tubuh. Ditambah lagi jika dalam melakukan yoga, practicer bukan hanya menyiapkan fisik akan tetapi juga jiwa dan pikiran. Kita tidak bisa melakukan yoga dalam keadaan yang masih gelisah dan pikiran yang masih bercabang kemana-mana. Untuk itu perlu ada pemanasan.

JIka kita tidak melakukan pemanasan dengan benar maka beresiko terjadi cedera. Saya melakukan pemanasan justru sejak dari bangun tidur di pagi hari, karena aktivitas dalam 24 seperti sedang latihan. Apalagi saya tidak bisa mengontrol apa yang tubuh saya lakukan ketika sedang tertidur. Mungkin tertekuk ke lima penjuru mata angin. Sangat tidak nyaman jika melakukan aktivitas dalam kondisi tubuh yang kaku, kan?

Menurut saya dalam pernapasan perlu elemen seperti di bawah ini:

Melatih fokus

Untuk bisa fokus maka kondisi pikiran harus dalam keadaan tenang dan stabil. Saya biasanya melatih pikiran untuk tetap stabil dengan melakukan pranayama (pemanasan). Pranayama ada banyak pilihan. Misalnya Abhantar Pranayama (8 hitungan menarik napas, 4 hitungan menahan napas, dan 16 hitungan membuang napas). Ini dapat membantu pikiran saya lebih jernih sehingga mempermudah untuk fokus. Ada juga bentuk teknik pernapasan dengan mengirup dan membuang napas dengan menetup salah satu hidung secara bergantian, yang juga dikenal dengan istilah Nadhi Sodhana (Nostril Breathing Technice). Selain membantu membuat pikiran lebih tenang juga dapat dan juga membantu harmonisasi bagian tubuh kanan dan kiri, termasuk otak. .

Melatih pernapasan sebelum memulai latihan sangat penting karena pernapasan ini dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat napas menjadi teratur. Ini penting agar tidak ngos-ngosan saat latihan. Saat yogal dalama setiap pergerakan beriringan dengan tarikan dan hembusan napas. Seperti irama drum dalam sebuah instrument musik.

Mempersiapkan otot dan sendi tubuh

Fungsi pemanasan adalah mempersiapkan tubuh menuju ke menu utama latihan. Otot dan persendian perlu dilatih untuk lebih fleksibel sehingga meminimalisir terjadi cerdera. Dalam melatih ini diperlukan gerakan bending and twisting.

Bending atau gerakan penekukan bisa dengan gerakan paschimottanasana (forward bending pose). Pachimottanasa ini adalah mencium lutut, meski dalam prakteknya tidak semua orang mampu menempelkan wajahnya hingga lutut. Akan tetapi pointnya justru bukan  pada penempelan kepala ke lutut, tetapi peregangan pada otot di sekitar belakang dari mulai punggung hingga lutut. Selain itu juga memijat area perut dan pelvis dan ini berguna untuk menghindari rasa kram pada perut saat latihan.

Untuk twisting bisa memilih Ardha Matsyendrasana, yaitu twist setengah bagiian tulang belakang kita. Funsginya untuk meningkatkan fleksibilitas area tulang belakang. Selain itu juga dapat meningkatkan asupan oksigen ke dalam paru-paru.

“If you spend too much time warming up, you’ll miss the race. If you don’t warm up at all, you may not finish the race” – Grand Heidrich

Mau tau gimana cara pemanasan dalam yoga? Simak video saya berikut:

20180330_164005(0)-01

Sarapan Sehat dengan Orange and Mango Smoothies

1455765932034

Hari ini cukup cerah setelah beberapa hari hujan. Kayanya seru untuk minum yang segar-segar. Setelah saya buka lemari es kepikiran untuk membuat Smoothies buah-buahan. Buah penting untuk kebutuhan vitamin dan mineral, juga serat yang diperlukan untuk pencernaan. Kebetulan kemarin saya mendapat buku resep di hampers New Indomilk UHT 1 Liter jadi yakin banget buat bikin ini.

DSC_0137-01

Susu kan sumber  kalsium dan protein yang dibutuhkan untuk tubuh. Tidak hanya untuk anak-anak, akan tetapi saya yang memang setiap hari aktif berolahraga. Sumber kalsium ini dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang, yang bisa membantu gigi dan tulang untuk tetap kuat dan mengurangi resiko osteoporosis.

Nah, karena minuman yang mau saya buat adalah Orange & Mango Smoothies maka yang perlu disiapkan adalah blender, talenan untuk memotong buah, mangkuk sebagai wadah buah yang telah dipotong, dan pastinya bahan-bahan-bahan sebagi berikut:

DSC_0065-01
Bahan-bahan Orange & Mango Smoothies
  1. 300ml Susu UHT Indomilk Full cream plain
  2. 2 buah jeruk Sunkist, ambil airnya
  3. 300 gram manga, potong-potong
  4. 100 gram yoghurt rasa manga
  5. 100 gram sirop jeruk konsentrat
  6. 400 gram es batu (opsional)

Cara membuatnya:

  1. Campur semua bahan-bahan tersebut ke dalam blender dan blend!
  2. Tuangkan dalam gelas!
1455765979401
Orange & Manggo Smoothies

Tips tambahan dari saya:  karena sirop  jeruk konsentrat itu sebagai sumber tambahan pemanis, jadi menuangkannya diperkirakan sesuai selera. Kalau saya memang tidak terlalu suka manis, jadi sirop konsentratnya disajikan terpisah. Jadi dapat dituangkan saat smoothies sudah disajikan dalam gelas. Saya juga tidak menggunakan es batu karena tidak terlalu suka minum dingin, apalagi di pagi hari. Tetapi kembali ke selera masing-masing.

Kandungan gizi yang terdapat dalam minuman:

  1. Susu Indomilk UHT: Kalsium Fosfor, Vitamin D, A, B1, B6, dan protein yang tinggi.
  2. Jeruk: Vitamin C, karobidrat sederhana (glukosa, sukrosa, fruktosa), kalsium, potassium, folat, B6, magnesium, fosfor, dan mineral lainnya.
  3. Mangga: protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, folat, B6, vitamin K, potassium, zat besi, anti oksidan, dan lainnya.

Jadi smoothies buah ini selain rasanya enak, juga sebagai sumber kalori yang memiliki nilai kandungan gizi yang tinggi karena perpaduan susu dan buah-buahan. Untuk pilihan buah bisa diganti dengan yang lain, seperti strawberry, apple, pear, dan pisang. Smoothies ini bisa menjadi pilihan sebagai menu sarapan karena kandungan gizi di dalamnya.

DSC_0076-01
Jeruk mengandung vitamin C

Semenjak dapat kiriman New Indomilk UHT 1 Liter di rumah jadi semakin rajin mengolah minuman dan makanan berbahan susu. Selain yang plain, ada juga rasa coklat yang disukai anak-anak. Kemasan barunya Tetra Pak Indonesia ini jadi makin mudah dalam nuangin sih susu ke gelasnya jadi anak-anak juga bisa sendiri. Rencananya mau tetap stok susu ini di rumah supaya lebih praktis kalau mau sarapan. Soalnya kan pagi hari harus serba cepat. Dengan susu UHT kita bisa langsung diminum atau dibuat minuman varisasi. Bisa juga sebagai campuran oatmeal. Anak-anak dan orang dewasa juga kan bisa minum. Dan yang paling penting: Rasanya enak!

20180330_164005(0)-01

Makan siang bonusnya Raisa

DSC_2301

Hari selasa kemarin mendapat undangan dari teman saya, ClouDrine, untuk event di hari rabu tanggal 10 Februari 2016. Berarti satu hari setelah saya menerima undangannya. Saya cek di undangannya sih acara akan siang bersama dari elevenia.

Sepertinya di antara kita sudah mengenal elevenia. Produk e-commerce dari PT. XL Planet, sebuah perusahaan joint venture antara PT. XL Axiata, Tbk., dan SK Planet dari Korea Selatan. Elevenia mengambil platform open marketplace. Event kali ini selain memperkenalkan Brand Ambassador yangru, juga memperkenalkan hashtag dari elevenia yaitu  #KlikCariHepi. Maksudnya adalah tinggal Klik, Cari, dan Hepi.

Saya sendiri belum tahu siapa Brand Ambassadornya yang baru. Karena agak sakit jadi masih ragu-ragu untuk hadir. Tapi lama-lama penasaran juga, karena saat melihat undangannya kok ada judul lagu yang sudah saya hapal sekali.

Akhirnya pukul 10 pagi saya mulai bersiap menuju berangkat menuju tempat acara di Exodus, Kuningan City Mall. Karena pertama kali menginjak Kuningan City, jadi lumayan agak bingung untuk sampai venue. Kalau dari rumahnya sih aman, karena saya selalu mengandalkan aplikasi waze untuk kemana pun. Yang bingung saat sampai Mall-nya. Untung di dunia ini ada cara jitu yang namanya “bertanya”. Jadi saya banyak bertanya mulai dari parkiran hingga di dalam mallnya. Alhamdulillah selamat sampai Exodus!

Di dalamnya sudah banyak kalangan media yang siap-siap untuk konfrensi pers. Tetapi tidak ada teman buzzer yang saya kenal. Setelah menelepon Ladrina, ternyata untuk acara makan siang bersama Brand Ambassadornya terletak di lantai atasnya lagi. Pantesan ya!

Ketika sampai dan melihat sendiri, rasa penasarannya akhirnya terpecahkan. Dia adalah…

IMG_20160212_174531
Raisa Adriana

Surprise!

Ternyata kecurigaan saya tepat. Bagi saya dengan Brand Ambassadornya Raisa lumayan bikin ngakak, karena suami saya, yaitu Barlian Yoga adalah bagian dari timnya Raisa. Jadi ‘terpaksa’ harus ketemu suami di venue. Bayangkan saja kami satu rumah dan tidak menyadari tempat tujuan kami pergi adalah satu tempat yang sama. Kesel, kan?

DSC_2315
Suami sitri ketemu di venue

Di sesi makan siang kita para buzzer yang hadir, yaitu @pitra, @lavivrie, @tikabanget, @laonisecret, dan @bchastity bisa berbincang-bincang dan wefie bersama Raisa. Lumayan kan buat pamer di sosial media hehe..

img1455273530089
Sesi foto bersama Raisa

Oiya untuk masalah pemilihan Raisa sebagai Brand Ambassador, ternyata menurut mbak Anggita Vela, GM Partnership & Promotion elevenia adalah Raisa itu solois muda yang penuh talenta yang konsisten dan full heart menapaki karirnya, sejalan dengan elevenia yang juga senantiasa konsisten dan sepenuh hati memberikan pengalaman berbelanja online terbaik bagi masyarakat Indonesia. Sekarang ini elevenia memiliki 2 juta member, dan elevenia percaya dengan kehadiran Brand Ambassador yang baru ini jumlahnya akan jauh lebih meningkat. Kita lihat saja ke depannya ya.. 🙂

Oiya lupa komenin makanannya. Pokonya kenyang dan enak! Haha..

Spagetty Aglio Oglio
Salah satu menu pilihan: Spagetty Aglio Oglio.