6 Cara Merawat Payudara Pasca Melahirkan

Di sebuah whatsapp group yang isinya ibu-ibu ada yang menanyakan bagaimana cara mengencangkan payudara setelah melahirkan. Saya pun sebagai wanita merasakan hal yang paling ditakutkan adalah menghadapi payudara yang mengendur. Apalagi sudah mengalami masa hamil dan menyusui. Mungkin sudah faktor alam untuk wanita untuk mengalami perubahan bentuk payudara yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masa menyusui, pertambahan usia, masalah berat badan, hingga faktor gravitasi.

Kita mungkin tidak bisa melawan hukum alam tersebut, tapi bisa memperlambat lajunya. Bukankah dengan merawatnya biasanya akan lebih baik dibanding tidak. Ada beberapa tip yang aku dapatkan dari beberapa sumber untuk merawat payudara.

Press Chest

Ada cara mengencangkan payudara dengan press chest. Lakukan latihan ini setiap hari sebanyak 20 kali tekanan.

Berenang

Gerakan berenang dapat menggerakan otot-otot sekitar payudara hingga lebih kencang. Atur waktu untuk menyempatkan berenang minimal satu minggu sekali, dengan durasi 30-60 menit. Olahraga memang dipercaya dapat mengencangkan otot-otot termasuk otot sekitar dada.

Konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan salah satu bentuk gizi yang diperlukan tubuh. Untuk wanita menyusui juga sangat disarankan untuk mengonsumsi ini agar kualitas dan kuantitas asi terjaga. Untuk merawat payudara pilihlah jenis makanan seperti stoberi, tomat, pepaya, brokoli, wortel, dan lainnya. Jaga selalu nutrisi makanan agar payudara kita pun juga sehat dan cantik.

Masker Payudara

Sepeti halnya kulit wajah, kulit payudara pun harus dirawat untuk menjaga elastisitasnya dan kencang. Untuk masker bisa menggunakan timun dan kuning telur. Timun biasanya digunakan untuk masker wajah agar kulit kita cerah dan lembut. Sedangkan kuning telur mengandung banyak kandungan mineral dan nutrisi yang diperlukan oleh kulit. Campurkan timun yang sudah dihaluskan dan kuning telur. Kemudian oleskan pada sekitar payudara, setiap hari. Diamkan selama setengah jam dan bilas. Katanya sih dalam waktu seminggu akan terasa hasilnya.

Minyak Zaitun

Pijat payudara dengan minyak zaitun setiap hari. Minyak zaitun dapat menjaga elastisitas kulit pada payudara sehingga kulit payudara akan lebih kencang. Sebaliknya, hindari membersihkan payudara dengan sabun karena akan membuat kulit payudara kering dan menjadi lebih kendur.

Pilih Bra yang Sesuai

Ternyata bra juga mempengaruhi bentuk payudara. Pilih bra yang ukurannya sesuai, tidak kebesaran atau sempit. Bentuk bra juga mempengaruhi bentuk payudara. Jangan memakan payudara yang longgar karena akan membuat bentuk payudara yang tidak cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *