6 Makanan yang Bersahabat Ketika Sakit Gigi

“Lebih baik sakit hati atau sakit gigi?”

Pertanyaan yang didapatkan ketika sakit gigi. Jelas saya akan menjawab “SAKIT HATI!”. Ini untuk mengungkapkan betapa tidak nyamannya sakit gigi. Ketika terasa nteri saya langsung ke dokter gigi langganan dekat rumah. Ternyata solusinya harus dicabut. Karena keadaan masih sakit dan nyut-nyutan maka saya diberi obat penahan rasa sakit  dan menunggu satu minggu hingga siap dicabut. Lalu bagaimana dengan makan?

IMG_20151118_123922

Saat sakit gigi yang terjadi adalah perut lapar tapi mulut tidak mampu mengunyah. Akan tetapi tubuh perlu asupan makanan sebagai sumber energi dan membantu proses penyembuhan. Setelah mengalami 5 hari sakit gigi kemarin, inilah makanan yang bisa dijadikan pilihan saat sakit gigi:

Sereal Gandum

Sereal merupakan makanan yang mudah dikonsumsi. Seperti minum air tetapi ada serat yang terkandung. Bisa membuat sendiri dengan mencapurkan oatmilk dan susu dan bisa juga dengan yang instan. Saat sakit gigi saya hanya menyeduh sereal yang instan. Karena praktis dan tinggal seduh. Apalagi saat sakit gigi sudah tidak mampu untuk melakukan kegiatan masak memasak. Sereal instan yang saya konsumsi sudah mengandung kalsium, vitamin D, dan kalsium. Pas banget kan untuk gigi.

Sup Ayam

Tidak terpaku pada sup ayam, bisa juga dengan sup daging lainnya. Saat sakit gigi saya tidak dapat mengucap sayuran sekalipun. Hanya makan dengan menikmati nasi lembut dan kuah sup. Dalam semangkup sup ayam, energi bisa diperoleh dari kaldu dalam kuah sup.  Akan tetapi memakannya harus dalam keadaan dingin atau hangat-hangat kuku. Memakan makanan yang terlalu panas akan membuat tidak nyaman pada gusi.

Sapo Tahu

Tahu sutera memiliki tekstur yang lembut. Proses mengunyah pun menjadi lebih nyaman. Tahu merupakan sumber protein. Tahu memiliki kandungan berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, kalium. Tahu juga menganung vitamin D, A, B6, C, thiamim, riboflavin, niasin, asam folat. Selain sereal, tahu merupakan makanan paling sering mengisi perut saya. Walaupun tidak selalu dimasak berupa sapo tahu.

Pisang

Pisang buah yang memiliki teksur yang lebih dan bergizi. Cocok untuk yang sedang menderita sakit gigi yang cenderung malas untuk mengunyah. Pisang merupakan sumber energi yang mengandung serat, vitamin, dan mineral. Dengan mengonsumsi buah ini makan tubuh kita menyerap kandungan kalium yang tinggi,  serta beberapa kandungan mineral magnesium, kalsium, dan zat besi. Kelebihan lain dari buah pisang adalah: Bisa langsung dimakan tanpa harus memasak.

Sandwich

Sandwich salah satu makanan praktis dan bergizi. Saat sakit gigi harus lebih selektif dalam memilih roti.  Harus dengan teksur yang lembut dan mudah dikunyah. Tinggal memilih filling untuk sandwichnya. Telur dan keju bisa menjadi pilihan karena makanan ini juga mudah dikunyah. Bisa juga dengan memberi selai kecang. Padukan dengan segelas susu agar lebih nikmat dan membantu untuk melunakkan roti dalam mulut.

Ice Cream

Siapa yang tidak suka ice fream? Saat dokter gigi saya menyarankan memakan ini untuk membantu mengurangi rasa sakit maka saya pun dengan semangat membeli ice cream. Jangan memaksakan gigi untuk menggigit. Yang terjadi malahan akan bertambah sakit. Makan dengan perlahan. Setelahnya jangan lupa minum air putih yang sedikit hangat dan berkumur.

 

Semua makanan di atas adalah makanan yang mudah dikunyah dan juga mengandung nilai gizi dan dapat dijadikan sebagai sumber energi. Ketika sakit gigi disarankan untuk menghindari makanan yang manis, asam, dan pedas, karena akan memberi ngilu pada gigi. Temperatur makanan juga lebih dijaga. Jangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Untuk membantu meredakan rasa sakit dapat dicoba dengan untum bunga cengkeh. Cengkeh merupakan tanaman obat yang dapat membantu mengurangi rasa sakit saat sakit gigi. Kuntum bunga cengkeh sudah ada dalam bentuk essential oil, jadi lebih mudah dilarutkan dalam minuman atau sebagai campuran bahan makanan. Kuntum bunga cengkeh dipercaya dapat mengobati sakit gigi. Tanaman ini dapat menghangatkan dan menghilangkan rasa sakit. Cengkeh memiliki kandungan serat diet omega 3, vitamin C, magnesium, dan kalsium. Untuk meredakan rasa sakit pada gigi, kamu bisa langsung memberi essential oil. Caranya dengan menetesinya pada kapas dan diljejalkan pada lubang gigi yang sakit. Lakukan 8 jam sekali.

2 thoughts on “6 Makanan yang Bersahabat Ketika Sakit Gigi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *