6 Manfaat Kayang yang Belum Banyak Orang Tahu

IMG_8680 (1)

Pasti kamu tahu sikap kayang, kan? Dalam yoga disebut Chakrasana atau Wheel Pose. Ada juga yang menyebutnya Urdhva Dhanurasana. Mungkin terdengar sederhana tapi manfaat dari sikap kayang ini lumayan banyak, seperti:

  1. Membuat tulang punggung tetap sehat dan energik

Saat usia muda mungkin hal ini sedikit diabaikan, akan tetapi bayangkan saat usia sudah mulai senja dan tulang punggung sudah mulai bermasalah. Tulang punggung merupakan satu dari elemen penting dalam tubuh. Sedikit saja bermasalah maka aktivitas akan terganggu. Tidak dapat berjalan dengan tegap misalnya. Kayang atau Wheel pose membantu tulang punggung untuk kuat dan elasis sehingga tetap sehat dan energik.

  1. Membentuk otot tubuh

Kayang juga dapat membantu menguatkan beberapa bagian dalam tubuh lain seperti lengan, pergelangan tangan, perut, kaki, bahu, dan dada. Dengan ini maka mempercepat pembentukkan otot di bagian tersebut jika dilakukan secara rutin.

  1. Membantu terapi untuk masalah pernapasan

Saat melakukan posisi ini maka otomatis terjadi pembukaan pada rongga dada sehingga penyaluran oksigen pada paru-paru pun meningkat. Oleh karena itu dapat membantu terapi bagi yang memiliki asthma.

  1. Meningkatkan fleksibilitas pada beberapa organ tubuh

Selain tulang punggung, posisi ini juga membantu fleksibilitas pada bagian pinggul. Selain membantu tubuh menjadi fleksibel juga membantu otot menjadi kencang.

  1. Memberi energi yang positif

Biarpun posisi ini seperti biasa saja tetapi ternyata dapat memberi energi baik pada tubuh, baik fisik dan mental. Dipercaya dapat mengurangi stress, kelelahan, dan menenangkan pikiran.

  1. Mengobati patah hati

Loh, kok bisa? Saat melakukan kayang tubuh kita terjadi pelengkungan ke belakang yang membuat bagian dada terbuka. Dalam yoga di sinilah kita menyerap elemen-elemen positif ke dalam tubuh baik fisik dan mental. Patah hati memang menyiksa. Dengan pikiran yang tetang maka kita akan mampu memaafkan masa lalu dan membuka untuk harapan ke depan yang lebih baik.

Tentunya diperlukan latihan yang rutin agar dapat memperoleh manfaat yang diharapkan. Di bawah ini ada acara-cara melakaukan Kayang atau Chakrasana atau Wheel pose atau Urdhva Dranurasana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *