Apakah Prenatal Yoga bisa dilakukan untuk pemula?

IMG_6607

Ada beberapa teman yang ingin mencoba prenatal yoga tapi ragu-ragu karena belum pernah latihan yoga sama sekali. Dalam bayangan mereka yoga adalah satu latihan yang sulit karena terdiri dari berbagai pose yang (dianggap) rumit. Padahal yoga untuk pemula terdiri dari gerakan yang simple, tidak sesulit yang dibayangkan. Saat kamu memasuki kelas yoga, maka kamu akan didampingi oleh seorang instruktur yang certified. Seorang instruktur akan memberikan gerakan yoga yang disesuaikan dengan usia kehamilan. Jika kamu masih merasa ragu, coba ikuti saran aku di bawah ini:

Konsultasikan dengan dokter

Agar kamu merasa yakin dan aman, sebelum mendaftar kelas yoga coba konsultasikan kepada dokter kandungan atau bidan.

Fokus saat latihan

Saat di kelas jangan fokus hanya pada diri kamu dan instruksi dari intruktur yoga. Perhatikan selalu step by step, dari mulai permapasan hingga gerakan.

Listen your body

Lakukan gerakan dengan perlahan dan lembut. Yoga dipraktekkan tidak dalam keadaan buru-buru, harus relaks. Yoga posture generally desinged to stretch, not strain. Jika saat yoga berlangsung kamu merasakan nyeri atau tidak nyaman, hentikan. Jika kamu merasa lleah, ambil istirahat sejenak. Jangan memaksakan tubuh.

Jalin komunikasi dengan instruktur

Katakan pada instruktur usia kandungan dan kondisi kehamilan. Sebagai catatan, untuk yang memiliki masalah tertentu juga wajib disampaikan pada instruktur yoga. Misal, mempunyai masalah pada lowerback. Jangan lupa untuk mengatakan pada instruktur agar dia bisa memahami dan dapat menyesuaikan gerakan yang cocok untuk kamu.

Membawa botol minuman

Jangan lupa untuk membawa air putih. Jika terasa sangat lelah, minum secukupnya untuk kembali menyeimbangkan tubuh dan memberi rasa nyaman.

Semoga ini bisa memecahkan rasa ragu-ragu kamu ya. Namaste!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *