Cara Belanja Santai dan Hemat dengan Layanan GrabFresh

Apalah artinya ayam goreng tanpa bawang putih?

Ya tetap menjadi ayam goreng, namun mungkin tidak selezat biasanya.  Bawang putih dikenal sebagai penyedap rasa dan penambah aroma masakan. Jadi jangan sampai hilang dari dapur!

“Bu.. bawang putih habis..” kata Si Mbak sesaat saya baru banget belanja groceries.

Mau keluar lagi malas karena cuaca sedang panas-panasnya. Ditambah lagi masih puasa juga.

Mau ke supermarket juga males banget. Padahal dekat juga sih. Cuma males juga ke mal cuma beli satu bawang putih.

Mikirin mesti nyetir, parkir, ditambah mal lagi padet banget karena banyak yang berburu baju lebaran.

Maunya sih di rumah aja. Kalau mau beli makanan buat buka tinggal GrabFood aja.

Sekarang kayanya maunya serba praktis. Tinggal klak klik terus barang sampai, kan?

Awal Mula Mengenal Sistem Belanja Groceries Online

Dalam rangka kepanikan karena bawang putih habis tiba-tiba teringat tentang layanan baru Grab yang bernama GrabFresh di artikel Kumparan. Grup WA ibu-ibu juga pernah ngomongin ini. Tapi aku sendiri belum pernah mencoba sama sekali.

Sebagai ibu-ibu yang merasa dekat dengan dunia digital, jadi apa-apa ya langsung cek aja di apps-nya. Tinggal buka dari hape dan masalah (semoga) selesai.

Setelah hape berhasil diraih, aplikasi Grab dibuka, dan muncul halaman utama, kemudian…

KOK GAK ADA FITUR GRABFRESH NYA PAAAK BUUUK!

Lalu saya buka lagi menunya dengan lengkap hingga keluarlah semua layanan  di Explore Grab.

Tetap tidak ada nama GrabFresh, namun terlihat Groceries. Setelah dibuka akhirnya terbukti feeling wanita berzodiak Cancer ini memang tinggi.

Sebelum masuk ke proses pemesanan, aku cari info sebanyak-banyaknya dulu mengenai GrabFresh.

Karena jika belanja bahan segar seperti buah dan sayur kan gak bisa ngasal seperti kita belanja tisu atau sabun yang tinggal dilihat mereknya. Mesti dipilih-pilih.

Apa itu GrabFresh?

Sesuai namanya, GrabFresh ini ternyata didukung oleh Happy Fresh. Jadi dalam proses pembelian barang di store, terdapat personal shopper profesional dan terlatih yang akan memilih barang yang kita pesan.

GrabFresh ini memang layanan dari Grab untuk membantu kita belanja dari supermarket favorit kita. Pemesanan tinggal mengakses aplikasinya di smartphone. Saat ini area operasionalnya meliputi JABODETABEK, Bandung, dan Surabaya.

Kita bisa memesan berbagai macam belanjaan yang biasa ditemukan di supermarket atau swalayan, seperti telur, susu, buah-buahan, daging, ikan, makanan kering, dan lainnya.

Tempat belanja favoritku pastinya yang gak jauh dari dekat rumah. Jadi Food Hall Summarecon Mall Bekasi dan Farmers Market Grand Metropolitan Bekasi.

Alhamdulillah semua tempat belanja tersebut ternyata ada di GrabFresh!

Berapa minimal belanja di GrabFresh?

Untuk dapat berbelanja di layanan ini, minimal pembelanjaan yang bisa dilakukan sebesar Rp.100.000,-.

Kapan jam pengiriman yang tersedia?

Jam pengiriman disesuaikan dengan waktu buka store yang dipilih. Biasanya dari jam 10.00-22.00 WIB.  Di aplikasinya akan muncul slot waktu pengiriman, jadi kita bisa sesuaikan dengan ketersediaan slot.

Bagaimana cara pembayaran GrabFresh?

Kita bisa membayar secara Cash on Delivery (COD) atau dengan Kartu Credit/Debit. Ketika membuat pesanan dengan kartu,pihak Grabfresh akan melakukan verifikasi kelayakan kartu dengan memotong biaya otorisasi sebesar Rp.100,-.

Kedepannya akan ada tawaran dukungan penuh untuk pembayaran dengan saldo OVO.

Berapa biaya yang ditagihkan?

Harga dasar untuk biaya layanan adalah Rp.20.000, namun bisa bervariasi mulai dari Rp.16.000 hingga Rp.35.000 tergantung waktu pengiriman dan jarak antara store dan alamat pengantaran.

Proses Order Hanya dari Smartphone

Setelah cukup yakin, kemudian mulai deh mencoba belanja groceries pertama kalinya dengan sistem online.  Prosesnya ternyata gampang dan mudah.

Inilah langkah-langkah yang kulalui saat memesan bawang putih dan teman-temannya menggunakan GrabFresh:

>>  Dari Menu, tekan Groceries

>> Setelah masuk ke laman GrabFresh, pilih Store yang diinginkan dan alamat pengantaran

>>  Masih di laman utama GrabFresh, bisa juga mencari barang langsung di kotak pencarian

>> Add Chart untuk barang yang ingin dibeli

>> Tekan logo keranjang/chart di pojok kanan atas

>> Cek kembali belanjaan, kemudian  tekan Checkout

>> Pilih slot jadwal pengiriman, kemudian tekan Next

>>  Setelah laman pembayaran keluar, pilih metode pembayaran yang diinginkan (COD dan Kartu Kredit) dan masukkan kode promo voucher (jika ada)

>> Lanjutkan aktivitas karena barang akan dikirim sesuai jadwal

BELANJAAN DATANG, HATI SENANG

Karena saya memilih slot jadwal pembelian 1 hari setelahnya, jadi nyaris saja lupa kalau ada paket yang ingin disampaikan. Sampai akhirnya ada driver grab yang mengantar paket.

Dengan penuh excitement yang tinggi karena ini adalah pengalaman pertama, jadi saat sampai paket datang langsung di-unboxing aja dong ya..

Lagipula yang kubeli kan bahan mentah, jadi harus buru-buru dibuka buat masuk ke rak dapur dan lemari es.

Yang aku suka.. ternyata packaging-nya rapi banget!

Masing-masing item dikemas terpisah sesuai jenis dan karakter barangnya. Bawang putih dibalut kantong kresek, jadi tetap steril dan baunya tidak tersebar ke bahan lain. Wortel sudah dikemas dengan balutan plastik transparan dari kemasan aslinya.

Dan yang menarik adalah packaging chicken fillet beku. Kita semua tau kan jika membeli chicken fillet beku di supermarket kan sudah dikemas dalam wadah stereofoam dan plastik transparan. Dengan GrabFresh kemasan tersebut dikemas lagi dengan pembungkus alumunium tebal.

Dengan kemasan alumunium yang kedap air dan udara tersebut bahan beku tidak mudah mencair dan tetap terjaga kualitasnya. Selain itu juga tidak membuat box dan makanan lainnya tetap kering.

Tips dalam Menggunakan Layanan GrabFresh

Kita bisa beli kebutuhan hanya tinggal klik dari layar smartphone dari manapun. Bisa dari rumah atau tempat kerja.

Bisa juga sambil santai nungguin anak berenang.

Mungkin buat yang lain mikirnya sayang ngeluarin ongkos untuk layanan ini. Padahal biayanya Cuma DUA PULUH RIBU RUPIAH SAJA.

Kalau saya belanja langsung di supermarket, pasti keluar uang untuk bensin dan parkir. Dan jarang banget kan belanja tanpa lirik-lirik barang yang lainnya.

Belum lagi kalau melipir buat ngopi atau makanan ramen dulu. Jadi buatku sih layanan ini membuat kita lebih efisien.

Dari pengalaman menggunakan Grabfresh, ada beberapa tips supaya belanja dengan layanan ini sesuai dengan yang kita inginkan:

Pilih lokasi store terdekat atau yang sesuai dengan list belanja

Enaknya pakai apps ini, Store yang muncul di layar sudah disesuaikan dengan alamat pengiriman. Tinggal kita memilih yang dapat melengkapi keperluan kita. Store yang tersedia dalam layanan ini meliputi Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Transmart Carrefour, Super Indo, Grand Lucky, Red&White, dan LOKA Lifestyle Supermarket.

Pilih barang dari pencarian berdasarkan fitur Categories

Setelah memilih Store yang dituju, setelah itu kita mencari barang yang ingin dibeli. Klik barang seusai dengan kategori. Setelah itu baru menulis nama barang di kotak pencarian.

Karena saya membeli bawang putih, dan wortel maka saya pilih kategori Fresh Product. Sedangkan chicken fillet di kategori Meat & Seafood.

Cek kembali belanjaan sebelum proses Checkout

Seperti belanja langsung di supermarket atau pasar tradisional, sebaiknya menulis list belanjaan terlebih dahulu. Jangan sampai ada belanjaan yang tertinggal. Karena kalau ada ada missed satu aja, kita jadi mesti order lagi secara terpisah. Ya jadinya nambah biaya lagi, kan?

Cek kembali alamat pengiriman

Terkadang alamat yang keluar dilayar tidak terlalu tepat atau sesifik dalam menunjukkan alamat rumah kita. Supaya kurirnya gak bingung saat mencari alamat, sebaiknya kita melengkapi alamat pengiriman. Kita juga lebih tenang karena gak terlalu sering ditelpon kurir, kan?

Pilih metode pembayaran sesuai ketersediaan kita

Terkadang kita gak inget habis belanja. Repot juga kan kalau saat kurir datang ternyata kita lagi gak ada di rumah, sedangkan pilihan pembayarannya menggunakan COD. Kalau memang mau memilih COD, usahakan kita ada di rumah atau menitipkan uang ke Si Mbak di rumah.

Kalau saya sih lebih suka membayar dengan kartu kredt supaya lebih tenang kalau mau keluar rumah. Pulang-pulang langsung unboxing!

Untuk bukti pembayaran bisa dilihat dari kuitansi elektronik via email setelah pesanan terkirim.

Cek kembali barang yang sudah diterima

Status pemesanan bisa dilihat dari notifikasi lewat email atau secara real time di tab “Pesanan Saya”. Ketika barang sudah sampai di rumah sebaiknya langsung dicek dan disesuaikan dengan list pembelian.

Untuk bahan mentah sebaiknya langsung disimpan di dalam lemari es sebelum kualitasnya berkurang.

Jika ada keluhan atau pertanyaan bisa dibuka artikel Keluhan Grabfresh dari Pusat Bantuan untuk melihat rincian kontak terkait masalah GrabFresh.

Dari sebuah pengalaman kehabisan bawang putih akhirnya jadi punya pengalaman menggunakan layanan delivery groceries Grabfresh. Kalau ada teman-teman yang sudah mencoba juga boleh banget di-share di tab komen di bawah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.