Duh, Perut Kembung Tapi Susah BAB!

4.30 pagi hari terbangun karena tiba-tiba perut terasa kembung dan tidak nyaman.  Seperti ingin pup tapi susah. Saya ingat-ingat lagi “tadi makan apa, ya?” kemudian tersadar sebelum makan makan pastel dua buah berikut sambal kacangnya. Sebelum tidur memang kurang disarankan, minimal ada jeda paling sedikitnya dua jam supaya makanan dicerna dahulu dengan baik sebelum tubuh benar-benar istirahat. Untuk mendapatkan perut dengan nyaman maka saya melakukan asanas untuk meperancar pencernaan.

1. Mandukasana (Frog Pose)

sumber foto dari sini

Duduk dengan posisi jari-jari kaki dan pergelangan kaki tertekan oleh bokong. Kedua tangan mengepal dan tempatkan pada perut bagian bawah. Inhale, tekan perut dengan kedua tangan yang mengepal, bungkukkan badan hingga dada menyentuh lutut. Tahan selama 5 detik. Exhale, kembali ke posisi awal. Pergerakkan badan bersamaa dengan inhale dan exhale yang dilakukan dengan lembut dan perlahan-lahan. Lakukan gerakkan ini sebanyak 5 putaran.

2. Marjayasana-Bitilasana (Cat-Cow Pose)

sumber foto dari sini

Tangan sejajar dengan bahu dan lutut sejajar dengan pinggul dan menyangganya. Inhale dan turunkan perut kebawah, sedangkan dada dan pinggul terdorong ke atas,  dagu diangkat dan kepala mendongak ke atas. exhale dan berganti arah, yaitu tulang punggung tertarik ke atas, dan kepala dimasukkan ke dalam di antara kedua lengan, dagu menyentuh dada dan pandangan ke arah pusar. Lakukan gerakkan ini hingga sepuluh kali.

Lakukan gerakkan ini disertai pernapasan yang tepat, yaitu inhale yang dalam dan exhale perlahan hingga udara dalam perut kosong agar dapat memijat organ dengan maksimal. Dapat melancarkan sirkulasi darah dan menyehatkan fungsi usus.

3. Adho Mukha Svanasana (Downward Facing Dog)

sumber foto dari sini

Posisi berdiri kemudian inhale dengan mengangkat kedua tangan, kemudian exhale disertai menurunkan badan kebawah hingga telapak tangan menapak di matras/lantai sejajar dengan telapak kaki. Inhale dan exhale disertai angkat kaki kanan dan jatuhkan jauh ke belakang. Inhale, exhale, angkat kaki kiri dan letakkan jauh dibelanag sejajar dengan kaki kanan. Kedua telapak tangan yang menyangga dikuatkan pada matras. inhale, exhale, buang napas dengan mengangkat bokong ke atas, pandangan ke arah pusar dan leher rileks.Tahan pada posisi ini disertai deeply inhale dan smoothly exhale hingga udara di perut kosong. Lakukan pernapasan ini hingga 5 kali.

4. Trikonasana (Triangle pose)

sumber foto dari sini

Dari posisi Adho Mukha Svanasana, buang kaki kiri ke depan sejajar dengan telapak tangan saat exhale. Inhale, exhale, kuatkan perut dan up. Putar badan ke arah kanan, kemudian arahkan telapak kaki kiri pada sumbunya. Inhale, exhale, dan jatuhkan telapak tangan kiri ke lanntai sejajar dengan telapak kaki. Jika terasa sulit, maka gapai semampunya (betis atau pergelangan kaki). Tahan posisi ini disetai deep inhale, smoothly exhale sebanyak 5 kali. Setelah itu tarik napas yang dalam dan buang naps disertai mengangkat kembali tubuh ke atas kembali ke posisi semula. Lakukan gerakkan ini pada sisi yang lainnya.

5. Bhujangasana (Cobra Pose)

sumber foto dari sini

Baringkan perut di lantai. Istirahatkan sejenak. wajah lurus searah dengan matras/lantai hinga dagu menyentuh matras/lantai. Kedua telapak tangan menapak pada matras/lantai di sisi kanan dan kiri sejajar dengan dada. kaki lurus dan menempel pada matras/lantai. Inhale yang dalam dan exhale, kemudian dorong dada dan punggung ke atas dengan lengan yang mendorong ke arah matras/lantai. Punggung bagian bawah tetap berada di bawah untuk menjaga posisi pinggul. Tahan posisi ini selama 20 detik kemudian kembali ke posisi awal. Lakukan selama 5 kali.

Setelah hitungan kelima kuatkan jari kaki kaki dan membentuk kuda-kuda pada lantai. Inhale, exhale dan lakukan seperti posisi tadi tapi tungkai kaki tidak menyentuh matras/lantai. Hanya jari-jari kaki dan kedua telapak tangan yang menyangga. Inhale, exhale, lihat tumit kiri dan tahan selama lima detik. Lakukan juga pada sisi kanan. Ulangi selama tiga putaran.

6. Ardha Pawanmuktasana (Half gas release pose)

sumber foto dari sini

Baringkan tubuh di lantai dengan permukaan depan badan menghadap ke langit. Inhale, exhale, arahkan lutut kiri ke dada dan tekan dengan dengan kedua tangan. Inhale, exhale, angkat kepala hingga menggapai lutut.  Tahan selama 10 detik disertai pernapasan yang dalam. Lakukan pada sisi kanan. Ulangi gerakkan sebanyak tiga putaran.

7. Savasana (Corpse Pose)

sumber foto dari sini

Kembalikan lutut dari dada dan kedua kaki kini lurus menempel pada  matras/lantai. Posisi kedua tumit sejajar dengan tulang panggul. Kepala, bahu. tulang punggung, bokong, paha, dan tumit lurus menempel pada lantai. Pejamkan mata dan bernapaslah secara alami. Ketika bernapas, semua otot pada tubuh kita istirahatkan. Lakukan selama 10 menit hingga badan benar-benar terasa rileks.

Pencernaan yang lancar didukung oleh jumlah air putih yang diminum dan pola makan. Setelah melakukan asanas ini saya minum dua gelas air putih dan dilakukan setiap tiga puluh menit. makanan karbo dan daging di stop dulu hingga bisa buang air besar dengan lancar. Dalam waktu sejam alarm menuju toilet menyala. Yeay!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *