#FITnFasting: Manfaat Yoga Saat Puasa

FullSizeRender (7)

Tidak terasa sekarang sudah memasuki hari ke-9 Ramadan. Ini juga hari ke-9 saya melakukan #FITnFasting. Apa itu?

Ini bukan tagar berbayar. Saya memang mau sharing bahwa saat puasa kita juga bisa tetap FIT dengan berolahraga. Awalnya teman-teman banyak yang kaget saat saya bilang  puasa padahal tetap latihan yoga dan mengajar yoga di kelas. Menjalankan puasa juga tetap seru dengan tetap aktif bergerak, akan tetapi jangan lupa minum air yang cukup saat sahur dan buka agar tidak dehidrasi.

Puasa membuat latihan yoga lebih baik

Latihan yoga memang disarankan dengan perut kosong. Jika dalam keadaan penuh makan akan terasa mudah mual karena gerakan yoga yang atraktif dan dinamis. Dari pengalaman saya, saat puasa tubuh pun lebih ringan dan badan juga jadi lebih fleksibel. Mungkin lemak-lemak tubuh sudah berkurang ya, hehe..

Puasa dalam hubungannya dengan spiritual, berarti bukan hanya menahan lapar dan haus, akan tetapi menahan diri (ego, emosi). Seperti halnya yoga, dengan puasa juga bukan hanya untuk fisik semata tetapi juga ke hal yang jauh lebih tinggi: spiritual. Jika menjalankan puasa dengan benar sesuai syariat islam maka kita pun jauh lebih tenang dan sabar. Saat pikiran dan emosi stabil maka akan lebih fokus lagi dalam melakukan gerakan-gerakan yoga asana dan meningkatkan kualitas meditasi.

Yoga membuat puasa lebih nyaman

Jika sebelumnya saya mengatakan puasa membuat latihan yoga lebih nyaman, saya juga merasakan yoga membantu saya dalam menjalankan ibadah puasa ini. Dengan berlatih yoga maka badan saya lebih ringan dan terasa lebih fit. Mungkin dengan gerakan-gerakan yoga maka sirkulasi darah lancar, penyerapan oksigen pada tubuh lebih banyak, peregangan dan penguatan otot, serta sistem pencernaan yang membaiik maka untuk menjalankan ibadah puasa pun jadi lebih santai. Walaupun berpuasa tetapi tetap terasa fresh dalam menjalankan aktivitas. Bahkan saya masih bisa berlari dua jam setelah berbuka.

Waktu tepat menjalankan yoga

Pagi adalah waktu terbaik untuk berlaih yoga. Kita bisa sekalian mengisi energi ke dalam tubuh. Efeknya adalah mood lebih stabil. Sekitar pukul 7 dan 8 pagi waktu yang pas. Energi pada tubuh masih penuh karena tidak terlalu jauh dari batasan sahur. Lambung dan tubuh juga tidak akan kaget pasca sahur karena ada jeda untuk tubuh melakukan proses pencernaan.

Kalau kamu masih pemula dan masih takut terasa lemas setelah latihan yoga, maka boleh mengambil latihan sore. Jadi jarak waktu setelah latihan dan nerbuka puasa tidak terlalu jauh.

Manfaat #FITnFasting untuk tubuh

Saat bercermin kepikiran “Kok mata aku lebih jernih, ya?”. Biasanya agak kuning karena banyak sebab, salah satunuya kecapean. Kemudian teringat bahwa puasa juga bisa membantu detoksifikasi. Dengan berpuasa tubuh juga membuang toksin dengan cepat. Ditambah lagi dengan latihan yoga asana, dengan stretching dan teknik penapasan maka membantu lebih cepat pengeleminasian toksin dalam tubuh.

Paduan puasa dan latihan yoga asana juga membuat tubuh lebih ringan, fleksibel, dan berpower. Ini yang membuat kita terasa lebih fit dan tidak mudah sakit. Secara pikiran juga lebih stabil dan tenang sehingga ibadah menjadi lebh khusyuk.

Dari semua manfaat yoga untuk tubuh jangan juga sadari limit tubuh masing-masing. Apabila terasa tidak nyaman silakan untuk stop dulu. Yoga bukan kompetisi jadi batasnya adalah kemampuan diri sendiri. Tidak bisa dibandingan dengan orang lain.

Jangan lupa masalah disiplin makan. Karena tubuh kita memerlukan energi untuk beraktivitas maka jangan menyepelekan waktu sahur dan berbuka. Serpertinya banyak yang sepakat saat puasa perbanyak makan sayuran dan buah dan jangan lupa untuk cukup minum air putih.

Agar puasa lebih nyaman maka bisa juga memilih gerakan yoga yang baik untuk dilakukan saat berpuasa. Keep #FITnFasting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *