#FITnFasting: Tips Tetap Fit Saat Puasa Dengan Air Putih

Image Source: LifeHacker

Saat puasa biasanya lebih susah nahan haus dibanding rasa lapar. Apalagi untuk yang puasanya masih banyak melakukan aktivitas fisik, asupan cairan harus cukup agar tidak terjadi dehidrasi.

Air putih sangat penting untuk tubuh, apalagi jika kita berpuasa. Jika tubuh kurang cairan maka sistem pencernaan dan penyerapan makanan ke tubuh akan terganggu. Dan cairan juga dapat menstabilkan suhu tubuh. Kalau kurang cairan nanti otot kan mudah lelah karena fungsi cairan juga untuk melumasi persendian agar tetap lentur dan memberi energi pada otot.

Kebutuhan cairan setiap orang memang beda-beda sih. Umumnya pria dewasa membutuhkan 10 gelas 200ml dan wanita dewasa 8 gelas 200ml. Nah, kalau banyak melakukan aktivitas fisik dan mengeluarkan banyak keringat pasti membutuhkan lebih dari rata-rata. Begitu juga untuk ibu hamil dan menyusui.

Biasanya kita udah males duluan minum soalnya sudah keburu kenyang pas maka, kan? Jadi gimana nih caranya supaya bisa tetap bisa minum banyak pas puasa?

Saat sahur

Target saya untuk sahur adalah bisa meminum 6 gelas air putih. Jika orang-orang fokus pada “bagaimana agar saya tidak lapar?” saya lebih ke “bagaimana agar saya tidak haus dan lemes?”. Walaupun godaan ingin langsung melahap makanan juga besar, tetapi saya tetap fokus minum air putih dulu. Caranya begini:

  1. Usahakan bangun minimal 30 menit sebelum imsak, agar tidak harus terburu-buru makan dan minum.
  2. Minum 2 gelas air putih tepat saat baru bangun dan perut masih kosong
  3. Makan sesuai takaran, jangan terlalu berlebihan seperti porsi yang gak akan makan sebulan
  4. Jangan lupa untuk sayur dan buah karena sumber mineral dan vitamin ada di sana
  5. Istirahat sekitar 5 menit tanpa makan dan minum
  6. Boleh melakukan duduk vajrasana (seperti duduk orang jepang) `karena posisi ini baik dianjurkan setelah makan untuk melancarkan proses pencernaan
  7. Minum dua gelas air putih dan kembali tunggu selama 5 menit
  8. Mendekati imsak langsung mionum lagi sebanyak dua gelas
  9. Cukup ya!

Tips tambahan: karena waktu sahur sangat pendek jadi lebih baik fokus pada makanan dan minuman. Jangan terlalu banyak bicara. Saat banyak bicara maka kita biasanya lupa untuk minum.

Saat buka

Saat buka biasanya mata gak sabar mau melahap yang manis-manis. Ini tidak ada salahnya, akan tetapi tetaplah dengan memilai dengan air putih. Jika saat buka sudah tertuju pada kolak dan es campur, maka perut kita sudah kenyang duluan dan rasa haus pun hilang. Padahal jumlah cairan pada minuman tersebut tidak sebanding jika kita minum air putih langsung. Menurut saya sih sebaiknya begini:

  1. Minum air putih satu gelas
  2. Konsumsi takjil yang disukai seperti kurma, kolak, atau makanan ringan lainnya.
  3. Minum lagir air putih satu gelas
  4. Break salat maghrib sekaligus menginstirahatkan perut
  5. Makan dengan porsi yang cukup. (Berlebihan biasanya jadi begah dan ngantuk)
  6. Setelah makan jangan langsung minum air putih. Tunggu makanan turun dan enzim pada lambung bekerja.
  7. Setelah itu minum segelas air putih
  8. Jangan lupa minum air putih satu gelas setiap jam menjelang tidur malam

Seperti yang saya tulis di atas, jika saat puasa tetap ingin aktif berolahraga jangan lupa untuk memperhatikan jumlah air yang diminum. Klau kurang cairan ya pastinya lebih gampang cape dan lesu. Tetap puasa, tetap fit.

One thought on “#FITnFasting: Tips Tetap Fit Saat Puasa Dengan Air Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *