Kartu Ucapan Simpel ala Fitritash

card2

Apakah kamu masih suka memberi kartu ucapan untuk hari raya dan tahun baru? Kartu ucapan yang dari kertas ya, bukan dalam bentuk digital. Kemarin saya ditantang untuk membuat kartu ucapan tahun baru. Kartu ucapan, apapun momennya, biasanya saya sudah beli jadi di toko buku. Nah, sekarang diminta membuat kartu ucapan sendiri. Ketika sekolah nilai prakarya saya biasa-biasa saja. Bisa dibilang memang agak kurang kreatif. Mungkin di pinterest atau instagram kamu sudah biasa melihat kartu ucapan yang desainnya unik, tapi belum tentu mudah diikuti.

Untuk orang yang kurang kreatif (seperti saya) akan merasakan teknologi sangat berarti, karena biasanya teknologi diciptakan untuk mempermudah pekerjaan. Jadi ini proses membuat kartu ala anak yang kurang kreatif.

Mencari ide

Ide bisa datang dari mana saja. Karena saya punya keterbatasan ide maka saya mencarinya dari pinterest. Saya sempat mencari yang sudah jadi dan tinggal di-print tapi tidak ada yang sreg. Sekalipun ada yang lucu tapi prosesnya rumit. Akhirnya ide baru muncul di kepala sendiri. Untuk yang tidak pandai desain atau gambar maka saya mengandalkan gambar yang sudah jadi dan tinggal print. Tiba-tiba terpikir membuat kartu ucapan dengan dasar foto yang sedikit diedit dengan tambahan tulisan ucapan. Untuk hiasan lain saya memilih gambar kupu-kupu yang saya cari di internet dan nantinya tinggal diprint.

Menyiapkan bahan-bahan

card3

Untuk bahan-bahan kebetulan semua sudah tersedia di rumah. Tetapi ada tambahan kertas berwarna dan amplop yang saya dapatkan di toko buku. Bahan yang disiapkan kira-kira begini:

  1. 2 Lembar kertas foto glossy
  2. 1 Lembar kertas berwarna (pink)
  3. 1 Lembar kertas concorde putih
  4. Pita
  5. Benang wool
  6. Double tip (sebagai perekat)
  7. Gunting
  8. Printer
  9. Amplop Pink ukuran 16x12cm
  10. Membuat desain gambar

Desain kartu ucapan

card6

Untuk gambar utama saya mengambil dari foto yang sudah ada, yang menginterprestasikan saya sendiri. Kemudian di-edit via app photo editing yang bisa menambahkan tulisan. Saya memilih PicLab. Untuk gambar hiasan saya cari di internet. Saya memilih gambar kupu-kupu berwarna-warni yang berukuran kecil. Sepertinya akan mempermanis kartu. Untuk ukuran bisa diatur.

Printing

card7

Desain kartu ucapan saya print dengan ukuran 9x12cm, setelah itu digunting. Untuk hiasan saya print gambar kupu-kupu berukuran kecil dan berwarna-warni. Saya di rumah pakai printer HP Deskjet 3635 hasilnya begini.

card5

Tempel-menempel

card4

Tempel guntingan foto ke kertas pink dengan kemudian gunting pinggirannya dengan ukuran 1/2cm dari sisi foto. Kemudian tempel lagi di atas kertas concorde putih. Kertas concorde putih menjadi dasar kartu. Dari ukuran A4 digunting menjadi dua dan lipat lagi di tengahnya.

Setelah itu beri hiasan pita diujungnya. Semua direkatkan dengan double tip.

Membuat hiasan kartu dan amplop

card2

Pada sisi kartu yang kosong beri hiasan yang lucu. Gunting kupu-kupu yang sudah diprint. Kemudian tempelkan pada salah satu ujung benang wol. Benang wol digunting dengan ukuran yang variatif. Ujung benang wol yang tersisa direkatkan di sisi belakang dengan double tip atau jenis perekat lainnya.

Karena hiasan kartunya sudah ramai maka untuk kartu saya buat lebih sederhana. Hanya pita bermotif serupa dengan kartu yang dilingkarkan pada kartu. Ujung pita ditempel pada kartu dengan double tip.

Nah, jadi deh! Gampang banget, kan?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *