Melawan Nyeri Haid saat Dikejar Deadline

sumber foto dari sini

Beberapa wanita seringkali dihadapi nyeri haid, yang kadar nyerinya bisa hingga terasa kepala pusing dan perut dilanda mual yang parah. Beberapa lagi mungkin hanya terasa kram perut dan ngilu di persendian. Rasa nyeri ini tidak mau berkompromi walaupun kita sedang dikejar deadline pekerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk.

Kadar nyeri pada saat haid ini berbeda-beda pada setiap wanita yang mengalami. Biasanya akan terasa di bagian perut dan dapat merambat ke bagian lainnya seperti punggung, pinggang belakang, panggul, dan paha. Rasa nyeri haid, yang dinamakan dismenore, penyebab utamanya adalah zat yang diproduksi tubuh di bagian rahim yang dinamakan prostaglandin. Rasa kram karena zat prostaglandin merangsang kontraksi untuk melepas lapisan rahim. Ketika menstruasi bukan hanya rasa kram perut yang terasa tetapi bisa hingga membuat kepala pusing , tubuh lemas dan mual pada perut. Rasa pusing dan lemas bisa terjadi karena tekanan darah yang menurun di masa menstruasi, sedangkan mual hingga muntah bisa disebabkan oleh kontraksi di perut yang dipicu oleh zat prostagladin tersebut. Aliran darah yang keluar juga menambah rasa nyeri.

Jika rasa nyeri sudah mulai mengganggu aktivitas, tinggalkan sejenak pekerjaan. Ambil waktu beberapa menit untuk mengistirahatkan badan dan melakukan beberapa gerakan yang akan membantu mengurangi rasa nyeri. Berikut berapa tahapan yang bisa dicoba:

1. Minum teh beraroma

Chamomile tea atau jasmine tea yang diseduh dengan air hangat bisa menjadi pilihan. Teh yang beraroma dianggap mampu mengatasi rasa nyeri. Nikmati teh ketika hangat dengan posisi bersandar di sofa yang nyaman.

2. Cari tempat yang bisa membuat tubuh lebih relax.

Kasur atau sofa bisa menjadi pilihan. Pejamkan mata dan mendengarkan lagu yang disukai bisa dicoba.

3. Do Exercise!

Mungkin ini terdengar sedikit mengesalkan. Bagaimana mungkin menggerakkan badan di saat badan sedang kaku-kakunya. Akan tetapi beberapa gerakan yang tepat justru akan mebantu sirkulasi darah menjadi lancar dan membuat tubuh yang nyeri dan kaku terasa dipijat. Kamu bisa melakukan beberapa pose yoga untuk mengurangi nyeri haid.

4. Kembali beraktivitas!

Saat kepala terasa lebih ringan dan nyeri berkurang, lanjutkan pekerjaan yang sedang menumpuk. Jika sudah selesai, istirahatkan badan di kasur yang nyaman. Tinggalkan semua gadget dan tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *