Persiapan Sebelum Memulai Split Pose

Split atau Hanumanasana merupakan gerakan yang tidak mudah untuk pemula. Yang utama diperhatikan adalah cara-cara melakukan split dengan benar. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti:

  1.  Tidak boleh melakukannya saat memiliki cedera, terutama di area hamstring atau groin (kunci paha).
  2.  Sadari kemampuan maksimal tubuh, jangan terlalu memaksa untuk melebihi batasan yang kita miliki
  3.  Lakukan Prep Pose sebelum memulai Split

Pemanasan dan peregangan sangat penting sebelum memulai suatu gerakan yang membutuhkan full stretching, oleh karena itu siapkan pose-pose sebagai berikut:

1. Pachimottanasana (Seated Forward Fold)

Pachimottanasana

Kita menyebutnya juga “Cium Lutut”. Duduk dengan kedua kaki lurus. Tarik napas dan angkat kedua tangan ke atas, kemudian hembuskan napas diiringi menurunkan tulang punggung kebawah hingga menggapai telapak kaki. Usahakan wajah mendekat pada lutut. Akan tetapi pointnya bukan pada lutut, yaitu peregangan pada tulang punggung dan kaki. Untuk itu usahakan tetap dalam posisi lurus. Lakukan selama 5 kali pernapasan yang dalam.

2. Single Forward-Bend Pose

DSC_0945-02

Agar mudah mengingatnya, sebut saja mencium salah satu kaki di depan dengan berdiri. Diawali dengan posisi Adho Muka Svanasana (Downward-Facing Dog Pose). Tarik napas dang angkat salah satu kaki ke atas dengan membuka psendi pinggul, kemudian hembuskan napas dan putar pinggul ke bawah dan dorong kaki yang di atas ke depan hingga berada di antara kedua tangan yang berada pada matras. Kuatkan kedua kaki dan atur dalam posisi lurus (tidak menekuk). Cium lutut. Tahan selama 5 kali pernapasan yang dalam. Ulangi gerakan ini pada pada sisi tubuh yang lainnya.

3. Low Lunge Pose

FullSizeRender (3)

Lanjutan dari posisi sebelumnya, Kemudian tekuk lutut hingga membentuk sudut siku-siku. Posisi Lutut dan tulang pinggul dalam satu garis lurus. Kaki di belakang usahakan tetap lurus. Tahan Selama 5 kali pernapasan. Ulangi gerakan yang sama pada sisi yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *