Rekomendasi Matras Yoga Buat yang Galau

Yoga sedang menjamur di Indonesia, terutama di kota besar. Seiring meningkatnya peminat yoga, meningkat juga tingkat kegalauan terhadap memilih matras. Sudah tidak terhitung berapa banyak yang minta direkomendasikan matras yoga. Matras merupakan satu hal penting dalam memulai yoga. Di bawah ini ada beberapa ulasan matras yoga yang direkomendasikan versi fitritash:

  1. Reebok
IMG_7030
Plank Pose dengan Reebok

Ini matras yang bersejarah buat saya. Bertahun-tahun yoga dengan matras ini. Sampai mengajar pun masih memakai ini. Kalau ada murid yang minta saran aku langsung menyebut brand ini. Karena untuk di kelasnya ini paling nyaman dan sudah banyak yang menggunakannya. Harganya antara 365-465 ribu, tergantung kamu membeli di mana. Bisa di dapatkan di Sport Station atau e-commerce seperti Lazada, Blibli, dan Elevenia. Tapi untuk Reebok sepertinya lebih murah dan mudah di dapat di Sport Station. Akan tetapi kamu harus menyiapkan anduk kecil untuk mengelap keringat, karena bahannya berjenis closed-cell yang tidak menyerap keringat. Closed-cell ini membuat matras tidak mudah bau karena bakteri dan mudah dibersihkan.

  1. CUCA
IMG_20160107_111432
Matras dan tas CUCA

CUCA ini brand baru tetapi lumayan menarik perhatian para praktisi yoga. Harganya tidak terlalu mahal, bahanya nyaman, dan pilihan waranya lucu. Gripnya oke dan bahannya empuk tetapi tetap tidak goyah dan mengganggu gerakan yoga. Lumayan ringan jadi tidak berat untuk aku bawa kemana-mana untuk mengajar. Sekarang ini matras yang aku pakai.

Hanya 500 ribu karena sedang promo, akan tetapi harga aslinya pun tidak terlalu mahal untuk sekelas ini yaitu 700 ribu. Bisa didapatkan di Metro Pacific Place, Plaza Senayan, dan Pondok Indah Mall. Berbahan Thermoplastic elastomer (TPE) yang membuat tetap bersih walaupun penggunaan berkali-kali. Untuk yang tidak mau membeli yoga sekelas Lululemon dan Manduka tetapi kualitas di atas Reebok aku rekomendasikan ini. Sejauh ini aku nyaman banget pakai ini. Tas yoganya pun motifnya lucu, tetapi dijual terpisah dengan matras. Membersihkannya pun mudah, hanya di lap dengan han duk basah. Akan tetapi bahan dasar TPE disebutkan tidak terlalu awet karena dalam pemakaian jangka panjang akan mudah mengelupas. Bagi saya kembali ke perawatan dan suhu penyimpanan matras. Jangan membiarkan matras berada di ruangan lembab atau sebaliknya, dalam suhu terlalu panas.

  1. Lululemon
Lululemon dari Lindsayfield

Ini juga matras yang banyak diminati. Jika  ingin matras yang awet dan tidak ada masalah dengan harga boleh pilih ini. Bahannya berjenis open-cell yang tidak membuat keringat tergenang, jadi kamu tidak perlu rajin mengelap matrasnya. Tapi jadi harus rutin membersihkan agar tidak terjadi penumpukkan bakteri dan bau. Dengan memakai matras ini seharusnya tidak ada keluhan masalah licin karena keringat. Harganya variatif, tergantung tempat pembelian dan jenisnya. Sejauh ini yang saya tahu hanya penjualan secara online. Harganya kisaran 1-2 juta. Lululemon dipakainya empuk dan nyaman. Kalau harga segini harusnya awet juga ya.

  1. Manduka PROlite
Halasana atau Plow Pose
Halasana atau Plow Pose dengan Manduka PROlite

Saya lebih dulu tahu tentang Manduka PROlite dibanding dengan Lululemon. Harganya hampir sama dan brandnya sama-sama kuat. Untuk praktisi yoga lama banyak yang menggunakan matras ini. Harganya kisaran 1,45-2 juta. Bisa didapatkan secara online di Blibli dan MandukaIndonesia. Sebenarnya Manduka ini tidak licin, tetapi karena bahannya berjenis closed-cell yang tidak memungkinkan keringat untuk masuk ke dalam sela-sela matras maka akan terasa licin jika sudah berkeringat. Harus menyiapkan handuk kecil untuk sewaktu-waktu menyeka matras jika sudah basah oleh keringat. Kelebihannya justru tidak mudah bau dan terjadi penumpukan bakteri.  Matras ini nyaman dan berbahan yang berkualitas tinggi, maka itu dapat digunakan untuk pemakaian jangka panjang.

18 thoughts on “Rekomendasi Matras Yoga Buat yang Galau

  1. Lagi galau miih matras yoga, googing dan nemu artikel ini dan artikel yg satunya. Thanks banget,mba udah bikin rekomendasi yang mempertimbangkan budget juga..interest banget sama CUCA, tp sy lokasi Bandung hihi..
    Btw, any opinion on non-branded matras yg kisaran 150rb an? Sy nemu di ig dan rata2 ketebalannya 6-8mm, bahan ada toe/rubber/pvc juga

    • @Letisia: 150rb kayanya standar untuk studio-studio. Di lazada suka ada promo juga untuk yoga mat. Untuk merknya aku sendiri (maaf) ga tau. Tapi untuk harga segitu standar tidak jauh beda. Fyi.. aku juga punya matras harga segotu waktu trip ke india and no problem with it. Pointnya adalah: yang menentukan latihan kita bukan matras, tetapi niat hehe. Tetap semangat ya

      • Rachmat Trihartadhi says:

        Terimakasih informasinya. Saya sepakat yang mendasar adalah efforts, semangat, niat… Salam… Namaste… 🙏

        • Salam..sy jg make yoga mat yg 150 an sejauh ini nyaman2 aja, cuma mungkin kurang awet tapi buat pemula gpp tuh..benr kat mb Fitri tasfiah semuanya tergantung niat

  2. yurisca says:

    Hi Mba, infonya brguna skali. baru2 ini saya beli matras yoga merk reebok krn lagi diskon dari 350an ke 107rb, sayang mmg agak licin jd hrs dialasi pake handuk. naksir yg di Ace Hardware tp harganya 600rb-an. kurang yakin jg sih apa matras Ace harga segitu licin apa nda?! msh bingung.

    • Kak Yuriska, aku lama pakai reebok waktu baru belajar yoga. Ya memang beberapa pose memerlukan handuk kecil biar gak licin. Kalau mau yakin coba pegang aja bahannya. tempelin ke telapak tangan. Tiap orang beda-beda sih. telapak tangan tiap oeang juga beda-beda, ada yang mudah berkeringat ada yang biasa aja.

  3. Watty says:

    Aku lg galau jg nihh..lg cari2 mat yoga yg oke, instruktur yoga nyaranin bli mat merk manduka coz d jual hihii…tp sy mau beda dgn member yg laen,stlh tny k tko yg biasa jual alt yoga d tawarin mat merk lululemon hrga beda tipis sma manduka sih..tp sy masih ragu sprti ny mat lululemon bhn ny rubber..sbtl ny bhn yg bgus dan gk licin terbuat dr apa y kak…

    • @watty sebenarnya tiap orang beda-beda nyamannya pakai apa. Ada yang tangannya emang gampang berkeringat ada yang engga. Aku kebetulan yang nyaman pakai apa hehe

  4. Pingin sih cobain lulu atau manduka, tapi bok harganya bikin meringis, apalagi aku bukan tipe yang demen banget ama yoga, cuma sesekali aja, karena aku lebih suka angkat dumbell atau hard workout lainnya.

    Kalau disuruh milih antara reebok dan cuca, bakalan milih yang mana nih ya untuk jadi no 1nya? Mengingat ini harganya lebih terjangkau untuk sekedar cobain yoga seminggu sekali hehehe…

  5. arini says:

    Galau liat matras yoga dan liat tortue stiky ada video nya jg di youtube. Kira2 bagus gk mba?
    Pilihan merk ketebalan lbh baik yg 3mm atau 5mm ntuk yoga.

  6. Lia says:

    Kalau tangan gampang berkeringat sarannya pakai apa y yang tidak gampang slip? Saya pakai yg dr ace hardware slip jg 🙁

  7. Artikel yang menarik. Saya ada tambahan sbb:

    Yogamat ada yg closed cell dan open cel. Closed cell artinya keringat dan debu tidak dapat masuk ke permukaan dan open cell sebaliknya. Ada plus minusnya. Closed cell bagi yang berkeringat sampai sedang dan open cell dapat dipakai yang berkeringat cukup banyak, dan sangat enak dipakai apabila anda latihan vinyasa atau ashtanga yang memerlukan gerakan banyak.

    Contoh closed cell yaitu:
    manduka PRO series (Prolite), Tortue Sticky mat, dan eKO series manduka – semuanya buatan German dari PVC.

    Contoh open cell yaitu: Tortue Habitat, Lulu Lemon dan Liforme – ketiganya sama dari PU+Rubber

    Ada orang yang punya cenderung telapak berkeringat (tangan dan kaki). Hal ini disebut Hiperhidrosis. Untuk hal ini, bisa pakai open cell mat (Tortue Habitat, Lulu dan Liforme). Tapi apabila berlebihan bisa memakai mat towel – aQua atau Aquatic (dri manduka dan Tortue).

    Pilihlah ketebalan mat sesuai dengan berat badan dan fungsi mat tsb. Karena apabila terlalu tipis dan densitas tidak bagus, tulang akan kena ubin dan terasa sakit.

    Semoga membantu

  8. Irmajune says:

    Aku pengen beli tortue habitat..tapi bingung belinya dimana..bisa kasih rekomendasi gak? Kalo beli online, yg oke yg mana ya..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *