Sehat Bermula dari Rumah: 7 Tips Hunian yang Nyaman

Sejauh-jauhnya pergi tetapi tetap mengingat untuk kembali. Rumah ideal buat saya adalah yang sehat dan anti stress. Jadi dalam kondisi apapun selalu ingin pulang.

Bagaimana bisa nyaman jika lingkungan yang kita tempati tidak sehat? Tempat tinggal yang sehat adalah elemen penting untuk mencapai keseimbangan hidup dan membuat penghuninya untuk tetap bahagia, baik fisik maupun mental.

SYARAT UTAMA HUNIAN SEHAT DAN NYAMAN

Hunian ideal bagi setiap orang berbeda-beda, tapi pasti semua setuju jika tempat tinggal itu harus sehat. Dan kita pun dengan nyaman untuk dapat beraktivitas di dalamnya bersama dengan keluarga. Sehat itu bukan hanya fisik, tetapi juga psikologis. Rumah yang nyaman mendukung kita untuk sehat secara fisik dan mental.

Ketika saya melihat Permata Hijau Suites, di kepala saya langsung terisi dengan visual rumah sehat yang ideal. Sehat adalah bagian dari gaya hidup dan sebuah hunian harus benar-benar bisa menjadi “rumah”.

Berikut syarat dari rumah hunian yang menjadi catatan saya:

Memiliki Pencahayaan Alami dan Ventilasi yang Cukup Baik

Master Room 2BR Permata Hijau Suites dengan kaca yang membuat ruangan terpapar sinar alami dari matahari

Tempat tinggal yang sehat tentunya mendukung kita untuk tetap mendapat sinar matahari, terutama di pagi hari. Sumber vitamin D didapatkan dari penyerapan sina matahari melalui kulit tubuh.

Walaupun tinggal di hunian bersusun (baca: apartment), akan tetapi jangan lupakan agar hunian kita masih mendapat sinar matahari dan juga aluran untuk sirkulasi udara. Ini juga untuk menghindari rumah kita dari pengap dan lembab.

Rumah yang tertutup dari sinar matahari beresiko untuk menjadi sarang bibi penyakit. Rumah sehat harus memiliki ventilasi yang cukup agar sirkulasi udara lancar dan ruangan tetap segar.

Dari kedua hal di atas saya mau menyempilkan exhaust fan kitchen. Asap dari kompor juga merupakan polusi udara yang menganggu pernapasan. Jadi, jangan lupa untuk memiliki alat ini di dapur ya!

Memiliki Lantai yang Kedap Air

2BR Living Room Permata Hijau Suites dengan lantai marmer

Lantai yang kedap air berfungsi supaya menghindari tingkat kelembapan yang terlalu tinggi dan malah jadi sarang bibit penyakit. Lantai yang tidak air juga menghindari lantai menyimpan banyak debu. Oleh karena itu, lantai kedap air adalah salah satu dari syarat rumah yang sehat.

Bahan lantai bisa beragam bisa beragam, yaitu marmer, ubin, semen, kayu, atau keramik. Lantai marmer memang memiliki harga yang lumayan tinggi dibanding yang keramik biasa. Akan tetapi lantai marmer memiliki daya tahan 2 sampai 5 kali lipat dari lantai biasa.

Saat saya memasuki Permata Hijau Suites, saya melihat seluruh lantainya berbahan marmer, kecuali untuk kamar mandi. Hal ini dikarenakan menghindari terpeleset karena marmer jika terkena air akan terasa licin untuk dipijak.

Marmer secara alami tahan terhadap bakteri dan beberapa alergen dari partikel-partikel yang sulit terlihat sekalipun, seperti bulu binatang, debu, dan elemen lain yang mudah menempel di material seperti karpet. Selain itu marmer juga memiliki corak alami yang cantik dan menarik.

Ada lagi hal yang paling penting saat memilih lantai: mudah dibersihkan.

Memiliki Sumber Air Bersih dan Saluran Pembuangan Air

Harusnya ini jadi urutan pertama. Air adalah sumber kehidupan. Untuk makan, minum, mencuci, hingga mengepel pasti memerlukan air. Hal yang harus sangat diperhatikan adalah kebersihan air dan kelancaran dari saluran airnya. Jangan sampai saat kita huni ternyata saluran airnya bermasalah alias mampet.

Selain itu juga jangan lupa memperhatikan saluran pembuangan air dan limbah. Sebisa mungkin untuk tetap lancar dan terhindar untuk masuknya binatang yang bisa menjadi sumber penyakit, seperti tikus dan kecoa.

Memiliki Sarana yang Menunjang untuk Tetap Sehat

Fasilitas kebugaragan untuk penghuni di Permata Hijau Suites

Jika mau sehat, maka jangan lupa untuk tetap berolahraga. Kalau memang ada ruangan lebih, bisa diisi dengan alat-alat kebugaran seperti treadmill dan matras yoga.

Jika memang tidak bisa di dalam rumah, bisa dilakukan di lingkungan sekitar hunian. Kelebihan tinggal di apartment adalah fasilitasnya. Biasanya apartment memiliki fasilitas tempat kebugaragan dan kolam renang untuk penghuni.

Begitu juga saat saya melihat booklet dari Permata Hujau Suites. Ternyata banyak sarana yang menunjang untuk tetap sehat, baik indoor maupun outdoor.

Memiliki Interior yang Merefleksikan Kepribadian

Saat sendiri pun menjadi menyenangkan jika tempat tinggal terasa nyaman

Sehat juga terkait ke psikologis. Rasa nyaman membuat pikiran, tubuh, dan jiwa kita lebih tenang. Nyaman adalah ketika kita merasa benar-benar di dalam “rumah”. Oleh karena itu hunian yang ideal adalah yang sesuai dengan kepribadian kita.

Jika kita menyukai seni, hunian kita bisa diisi dengan berbagai karya seni seperti lukisan atau lainnya. Hunian bisa diisi dengan kata-kata yang memotivasi.

Kalau saya pasti harus ada alat musik dan bebarapa material yang berhubungan dengan yoga. Karena dua hal itu yang memang saya sukai dan saya inginkah untuk ada di dalam suatu tempat tinggal.

Terdapat Ruang Hijau Terbuka

Olahraga di ruang terbuka baik untuk kesehatan fisik, pikiran, dan jiwa

Walaupun kita tinggal di pusat kota dan bangunan bertingkat, akan tetapi kita tetap membutuhkan ruang terbukan yang asri. Apartment yang ideal adalah yang memiliki ruang hijau untuk mendukung lingkungan yang sehat.

Tumbuhan sering memberi rasa teduh tetapi juga apat menyaring udara yang kita hirup dari kontaminasi polusi. Tumbuhan seperi pepohonan dan bunga-bunga juga dapat membuat lingkungan lebih asri dan cantik.

Ruang terbuka bisa menjadi sarana untuk piknik dan berolahraga. Ruang hijau menambah sehat lingkungan yang kita tinggali.

Living in Perfect Harmony

Apa tempat tinggal yang ada di kepala kamu?

Jika saya boleh bantu menjawab tentunya yang membuat kita merasa nyaman berada di dalamnya. Rumah adalah tempat segala perasaan kita nyaman untuk tinggal, baik ketika senang dan juga sedih.

Hunian yang sehat membuat keseimbangan hidup tetap terjaga. Rumah adalah tempat tinggal yang harus dapat menjadi hunian bagi kenyamanan ketiga elemen: fisik, pikiran, dan jiwa. Saat yang paling lelah yang kita ingat pertama kali adalah: rumah.

Istilah “Living in a perfect harmony” saya pinjam dari tagline Permata Hujau Suites. Karena saat berada di dalamnya saya seperti mendapatkan visual tempat tinggal yang saya idamkan. Betapa #nyatadekatnya dengan hunian yang sehat. Apalagi lokasinya terdapat di pusat kota. Lumayan ngurangin stress menghadapi kemacetan lalu lintas Jakarta. Kemana-mana gak susah.

Informasi tentang hunian tersebut saya tuliskan juga dalam tulisan saya sebelumnya: Permata Hijau Suites: Punya Rumah Idaman di Pusat Kota Bukan Cuma Mimpi.

Ada juga akun sosial media dari Permata Hijau Suites, jadi teman-teman bisa cek langsung dan follow akunnya. Akun twitter dan instagram Permata Hijau Suites adalah @permatahijausuites. Sedangkan untuk facebook bisa langsung kunjungi permatahijausuites.

One thought on “Sehat Bermula dari Rumah: 7 Tips Hunian yang Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *