Peregangan Pasca Mendaki Gunung

Sebelum melakukan aktivitas fisik di alam terbuka biasanya kita melakukan pemanasan untuk meregangkan dan memanaskan otot. Suka terlupa jika saat tubuh dalam keadaan lelah dan tegang pun harus kembali diregangkan dan relaksasi. Post-hike stretching berfungsi untuk mendinginkan kembali tubuh yang telah memanas dan juga untuk menghentikan asam laktat yang meningkat pada tubuh usai aktivitas fisik.  Aktivitas fisik seperti olahraga berlebihan ataupun mendaki gunung dapat meningkatkan produksi asam laktat dalam tubuh, yang berakibat tercipta kekakuan dan nyeri pada otot. Selain itu asam laktak juga akan meningkatkan detak jantung dan terasa sesak napas. 

Step 1

DSC_0936-01

Step 2

Usai berjalan dengan medan yang naik turun akan membuat tubuh terasa berat dan napas detak jantung yang cepat yang mengakibatkan napas terasa lebih berat. lepaskan tas yang selama ini membebankan bahu dan tulang punggung.  Lakukan peregangan untuk pembukaan dada untuk memaksimalkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam rongga pernapasan dan membantu melancarkan sirkulasi darah. Pose ini juga dapat membuat pikiran lebih tenang. Tarik napas yang dalam dan buka bahu selebar mungkin dengan tangan terbuka dan dorong ke belakang. Relaksasikan leher dan kepala dan area punggung dan pinggang belakang. Rasakan tubuh terlepas dari segala beban dan relaksasikan bagian bahu dan punggung.

DSC_0940-02

Masih di pembukaan dada. Kali ini kombinasi antara peregangan tangan, pinggang, dan kaki. Saat berjalan kaki adalah bagian yang paling banyak menumpu. Tekanan pada telapak kaki terdorong ke dalam dan betis yang mengencang. Gerakan ini sebagai counter-pose dengan menarik punggung kaki ke arah sebaliknya dan membuka bagian pangkal kaki. Biarkan sirkulasi darah di bagian tersebut mengalir. Gerakan kaki dan tangan yang saling menarik juga membantu meregangkan bahu dan tulang belakang dan paha bagian depan. Lakukan gerakan ini selama 30 menit dengan pernapasan yang panjang dan lakukan pada kaki yang lainnya. Lakukan 3 kali gerakan ini pada masing-masing kaki.

Step 3

DSC_0945-02
Pasca berjalan dan mendaki hamstring akan menegang. Regangkan otot di bagian ini. Buka kaki dengan lebar dan arahkan ke sisi kiri. tarik napas yang dalam dengan mengangkat tangan ke atas dan buang napas secara perlahan hingga telapak tangan sejajar dengan telapak kaki, Cium lutut. Selain hamstring, posisi ini juga meregangkan betis, tulang punggung dan abdominal. Lakukan dengan 5 kali pernapasan. Ulangi pada sisi yang lainnya. Idealnya dilakukan masing-masing sisi sebanyak 3 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *