Processed with VSCO with  preset

3 Alasan Cewek Suka Olahraga Perlu Waxing

20170405_164607-01

Beauty is pain. Begitu suara hati saya yang menguatkan diri sendiri supaya mau untuk waxing. Perlahan saya mencoba menutup mata dan bersiap-siap untuk teriak (jika diperlukan) tapi ternyata…

“Eh, udah selesai?”

Begitu yang saya rasakan ketika merapikan alis saat #Waxtimeparty di WaxTime, Rumah Cisanggiri, Jakarta Selatan. Termpat waxing yang nyaman dengan coffee shop yang instagramable di lantai bawahnya. Ternyata wax itu ada macam-macam, ada jenis soft wax dan hard wax. Yang saya coba ternyata termasuk jenis hard wax, tidak memerlukan jeritan fals dari pita suara. Painless formula. Kalau yang dikenal dengan rasa sakitnya itu ternyata beda lagi, yang terbuat dari cairan gula atau disebut soft wax. Setelah merasakan wax alis itu ternyata gak selama nunggu wasap centang biru, maka saya…

lanjut ke brazilian waxing! (Loh kok malah jadi doyan)

Proses pelapisan sebelum unwanted-hair pada alis diangkat
Proses pelapisan sebelum unwanted-hair pada alis diangkat

Saya memang bukan mahluk yang banyak bulunya. Ya ini salah satu yang saya syukuri karena memang risih dengan adanya bulu di badan. Saya kira ini cukup untuk menjadi alasan gak perlu waxing. Sampai akhirnya sadar kalau bagian yang tidak terlihat juga perlu mendapat perhatian. Kemudian lebih rajin mencukur unwanted-hair di bagian sensitif.  Siapa sih yang gak mau bagian terpentingnya bersih tanpa bulu? Mumpung alis sudah rapih, maka saya pun mau yang bagian itu bersih juga. Ternyata sensasi dibersihkan di area ini berbeda dengan alis. Lumayan lah agak narik napas dikit. Bukan karena sakit banget sih, tapi lebih ke arah KAGET. Ya namanya juga bagian sensitif, teman-teman..

20170405_151858-01
Alisnya udah mumpuni belum, Ibu-ibu?

Untuk wanita yang aktif dan suka olahraga memang disarankan untuk waxing. Apalagi jika mau berlari jarak jauh, para lelaki pun biasanya mulai mencukur bulu-bulu di kaki. Berlari itu perlu kenyamanan dan terkadang rambut pada tubuh ini salah satu yang mengganggu. Untuk wanita lebih banyak lagi alasannya untuk menghapus bulu pada tubuh. Apalagi jika memang hobi berenang dan memakai swimsuit yang cantik, membersihkan kulit dari bulu-bulu yang tidak diinginkan sudah menjadi hal yang wajib. Tapi bukan cuma soal “demi cantik”, berikut alasan lainnya kenapa wanita aktif dan penggiat olahraga sebaiknya memilih waxing:

MENGHEMAT WAKTU

Jarak saat diangkatnya rambut pada tubuh hingga kembali tumbuh lebih lama dibanding jika kita mencukur. Karena kalau mencukur biasa rambut yang terangkat tidak sampai akarnya, berbeda dengan wax. Tidak perlu lama-lama di kamar mandi untuk ritual mencukur. Lebih baik waktunya buat luluran, kan? Ini menekankan untuk yang suka olahraga outdoor. Biasanya menebus rasa bersalah karena panas-panasan dengan merawat kulit. Apalagi jadwal latihan kan biasanya sudah menyita waktu harian, jadi pilihan waxing cocok buat yang aktif berolahraga. Gak banyak buang waktu. Oiya, saya brazilian waxing di WaxTime gak sampai 30 menit sudah selesai. Ditambah wax alis ya pas lah setengah jam. Dan jangka waktu untuk rambut-rambut ini kembali tumbuh lumayan lama. Tiap orang mungkin beda-beda. Saya sih 2 minggu. Ini untuk tumbuh barunya ya, bukan sampai lebat.

WaxTime termasuk jenis hard wax yang memiliki formula painless. Bahan dipanaskan di alat khusus agar tidak mengeras.
WaxTime termasuk jenis hard wax yang memiliki formula painless. Bahan dipanaskan di alat khusus agar tidak mengeras.

LEBIH BERSIH

Bukan hanya tentang kulit mulus, tapi juga kebersihan. Cantik tapi kalau gak bersih agak gimana gitu ya. Apalagi saat keringetan dan bulu-bulu kita ikut basah, pasti terasa gatal kan ya. Ini juga yang membuat banyak pelari yang mencukur bulu di tubuhnya menjelang race. Makanya saya memilih untuk tidak memelihara unwanted-hair. Terkait kebersihan, waxing tetap menjadi pilihan. Saat bulu kita diangkat, kulit mati pun ikut terangkat. Waxing juga memiliki efek exfoliating. Oleh karena itu pasca wax biasanya kulit terasa lebih halus, kan?

ENJOY WORKOUT WITHOUT WORRY

Saat perform butuh fokus dan konsentrasi. Kita tidak mungkin fokus jika terjadi ketidaknyamanan. Malas juga kalau lagi lari terasa gatal di area tertentu karena campuran keringat dan bakteri di bagian bulu yang basah. Ganggu banget, kan! Untuk olahraga seperti bersepeda biasanya memakai pakaian berbahan spandex yang ketat. Rambut di tubuh dengan pakaian yang ketat bukan paduan yang pas. Makanya banyak cyclist banyak yang mencukur bulunya sebelum race. Demikian juga pelari dan perenang. Lagi berenang tapi gak pede karena hadirnya unwanted-hair yang gak cihuy kalau dilihat orang lain. Jadi dengan melakukan waxing minimal mengurangi bibit-bibit ketidaknyamanan. Nyaman kan membuat kita lebih percaya diri. Ini berlaku juga untuk hal lainnya di luar kegiatan berolahraga, seperti persentasi atau saat mengajar. Setuju?

Processed with VSCO with  preset

Tidak Ada Salahnya Merasa Cantik

BANNER BLOG WRITING-01

“Mbak, bantu saya bagaimana untuk mengecilkan perut!”

“Yoga bisa membantu awet muda, kan?”

“Saya mau punya badan yang bagus.”

Itu lah kira-kira permintaan dan pertanyaan yang sering saya hadapi sepanjang mengajar yoga. Benang merah dari semua pertanyaan itu adalah: wanita ingin terlihat menarik. Lalu apakah yang membuat wanita ingin dengan susah payah terlihat cantik? Apakah pujian atau kebanggan memakai baju ukuran S?

1468064611860
Karena dengan cantik, kita lebih bahagia

Cantik bukan hanya terkait penampilan luar, tetapi juga dari dalam. Ibarat sebuah lampion, kita melihat lampion itu indah karena warna dan bentuknya. Tetapi keindahan itu tidak bisa kita nikmati saat lampunya redup. Jika direfleksikan pada diri kita maka bentuk, warna, dan gambar lampion adalah penampilan luar kita. Sedangkan lampu dalam lampion adalah hati kita. Cantik dari hati adalah cahaya dalam diri kita. Yang membuat wajah, baju, sepatu, bentuk badan bersinar. Cantik itu bukan hanya membahagiakan diri sendiri, tetapi juga orang lain yang melihat. Cantik dari hati adalah perihal attitude.

“The beauty of a woman is not in a facial mole, but true beauty in a Woman is reflected in her soul. It is the caring that she lovingly gives, the passion that she knows.”
― Audrey Hepburn

Audrey Hepburn adalah wanita yang menginspirasi. Selain wajahnya yang sangat cantik, hatinya juga emas. Wanita ini ditunjuk sebagai Duta UNICEF. Sisa hidupnya dihabiskan membantu anak-anak di negara-negara miskin.  Seorang wanita yang memiliki cantik dari luar dan dalam dan diakui dunia. Menyadarkan kita bahwa kita dikenang dari apa yang kita perbuat. Cantik adalah hal baik dan tidak ada salahnya merasa cantik. Cantik dari hati bisa dimulai dari…

Menerima diri sendiri

Menjadi diri sendiri itu membahagiakan. Tuntutan untuk menjadi cantik tidak ada batasnya. Akan tetapi jika kita menyadari keadaan diri sendiri dan melakukan penerimaan terhadap itu semua maka mudah untuk merasa bersyukur.

1467956687532

Saat kita bersyukur kita akan menyadari bahwa tubuh kita ini karunia yang harus dirawat. Kita akan berdandan untuk mempercantik diri sesuai diri sendiri. Dengan ini rasa nyaman akan muncul dan orang lain yang melihat kita pun juga nyaman. Menerima dan merasa diri sendiri cantik adalah suatu penghargaan terhadap diri sendiri dan Sang pencipta.

Mengeliminasi hal negatif di hati dan pikiran

Sebagai wanita sangat umum untuk iri terhadap orang lain yang lebih cantik. Tetapi rasa iri ini terkadang mengubur mata hati kita. Kita melihat kecantikannya suatu ancaman sehingga enggan untuk memuji. Rasa iri ini bisa membuat kita menjadi tidak nyaman. Saya punya metode untuk melawan hal ini: memuji dengan tulus.

Rasa tidak suka itu wajar dimiliki kita sebagai manusia dan pasti ada penyebabnya. Misalnya ketika kita diperlakukan tidak nyaman oleh orang lain. Jujur saja saya juga terkadang masih menyimpan perasaan tersebut. Suatu saat orang yang sedang saya tidak suka mengunggah fotonya yang sangat cantik. Saya langsung memuji, tetapi dalam hati.

Kemudian saya berpikir kenapa saya berat sekali untuk mengatakannya langsung. Apa saya merasa sakit hati kalau dia memang cantik? Ternyata yang menyakiti hati saya adalah saya sendiri karena rasa gengsi dan rasa tidak suka. Kata pujian itu sudah mau diucapkan tapi seperti tertahan di ujung lidah atau jari jemari kita jika di media sosial.

Saya mencoba untuk melawan perasaan tersebut dan mendorong lebih dalam lagi untuk benar-benar mengatakan hal yang tulus dan jujur. Setelah mengatakan tersebut ternyata….

terasa sangat lega!

Dari situ saya menyimpulkan bahwa untuk mengurangi rasa iri terhadap orang lain yaitu dengan memujinya dengan tulus. Perasaan ini yang membuat bahagia dan kita tidak akan merasa jelek hanya dengan memuji orang lain.

Punya rasa empati dan peduli

Beruntunglah kita yang masih bisa menangis saat melihat orang lain dalam keadaan kurang beruntung. Masih memiliki rasa tidak tega dan mencoba merasakan apa yang dialami orang tersebut. Hati kita masih belum tertutup. Ini juga saya anggap cantik dari hati.

Mau share sedikit tentang charity teman-teman saya dari group Buibuksocmed kemarin. Pada Ramadan kami mengadakan pogram Charity dengan Garage Sale. Mereka menjual barang-barangnya yang terdiri dari perlengkapan anak, baju, tas, sepatu, hingga kosmetik. Teman- teman yang terdiri dari kalangan ibu-ibu muda bahu membahu agar dananya terkumpul banyak.

1468332877330(1)

Alhamdulillah hasilnya sangat baik. Saya sangat salut dengan teman-teman saya ini. Motivasinya adalah: Setidaknya ada hal yang berguna yang bisa diberikan untuk orang lain. Setidaknya barang-barang yang kita miliki (baju, sepatu, kosmetik) bisa juga untuk membantu orang lain. Ternyata rasanya menyenangkan bisa membantu orang lain. Menyenangkan juga masih punya rasa empati.

Menjaga hubungan baik dengan orang lain

Di hari lebaran ini sudahkan meminta maaf pada yang tidak kita suka?

“Maaf”. Kata sederhana yang terkadang sulit untuk diucapkan. Terkadang kita merasa kalah jika mengatakan maaf duluan. Mungkin itu yang menyebabkan kita berat mengucapkan maaf, apalagi jika tidak suka pada orangnya. Begitu pun dengan mengucapkan “Terima Kasih”. Berterima kasih berarti kita selalu menghargai keberadaan orang lain. Apalagi jika kita sudah dibantu, tidak ada salahnya untuk mengucapkan terima kasih.

IMG_cmp0ty

Saya percaya “Maaf” dan “Terima kasih” ini mengandung magis. Jika kita murah untuk mengatakan dua kata tersebut maka aura positif kita lebih terpancar. Ini yang membuat orang lain melihat kita cantik. Gak percaya? Coba deh tanya teman-teman di dekat kamu.

Percaya diri karena itu baik

Saya tahu sikap sombong itu menyebalkan. Tetapi untuk minim rasa percaya diri itu juga tidak menyenangkan. Jujur ya, kalau lihat orang yang terus-menerus mengeluh juga rasanya lelah, kan? Merasa minder, merasa kurang, akhirnya terbentuk rasa sebal pada diri sendiri. Masih terkait poin nomer satu: menerima diri sendiri.

Kadang cantik itu bukan dari penampilan, bukan dari perkataan orang lain, tetapi menjadi diri sendiri. Maka, percaya dirilah! Jangan melupakan bahwa usaha kita sebagai wanita untuk cantik adalah untuk bahagia. Membahagiakan diri sendiri dan orang lain.

Jika merasa cantik itu membuat bahagia, jangan takut untuk merasa cantik. Bagaimana bisa menyenangkan orang lain kalau kita sendiri tidak bahagia? Dengan merasa cantik berarti kita juga tahu pentingnya menjaga. Menjaga penampilan dan menjaga attitude. Bukan hanya perkataan, tapi hati juga.

Jika kita selalu menstimulai pikiran dengan hal-hal yang baik maka otomatis perkataan juga baik. Begitu juga sebaliknya. Tidak ada salahnya percaya diri untuk hal yang baik. Cantik dimulai dari hati. Kullu Kalam Addu’a: Setiap ucapan adalah doa. Yuk pejamkan mata dan ucapkan mantra:

“Saya cantik. Saya bahagia”

Namaste.

 

Processed with VSCO with  preset

Wajah Cantik Alami dengan Face Yoga

Lagi iseng browsing tiba-tiba ada sesuatu yang bikin penasaran: Yoga Face. Jujur, empat tahun belajar yoga baru kali ini mendengar “Yoga Face”. Sempat sih dikasih beberapa latihan untuk wajah saat sesi yoga, tapi tidak dipelajari secara khusus. Saya menganggap ini bagian dari senam wajah, yang sudah dikenal umum.

Setelah mengintip ke Face Yoga Method trus aku menemukan pengetahuan baru tentang “Face Yoga” ini. Jadi kreasikan oleh penulis dan selebritis asal Jepang, yaitu Fumiko Takatsu. Awalnya Fumiko Takatsu ini mengalami kecelakaan dan meninggalkan trauma pada wajahnya. Setelah melakukan berbagai perawatan akhirnya dia menemukan metode yoga untuk wajah yang membuat wajanya cantik dan bersinar secara alami. Terbukti, loh. Si mbak Fumiko ini semakin bertambah usianya justru semakin cantik dan flawless.

Yang mau ikutan cantik secara alami mungkin bisa ikut praktekin metode ini:

Menghilangkan kantung mata

Masalah ini bukan hanya untuk wanita, tetapi juga pria yang sering dikejar deadline. Kurang tidur memang musuh bagi kecantikan terutama bagian mata. Saat melakukan latihan ini jangan mengerutkan bagian kening. Caranya sebagai berikut:

  1. Arahkan bola mata ke atas dan pandangan fokus pada alis mata
  2. Tarik bagian atas kening agar tidak membentuk kerutan
  3. Buka mulut dengan lebar dan membentuk huruf O
  4. Rasakan stretch pada bawah mata
  5. Tahan pada posisi ini hingga 5 detik
  6. Lakukan sebanyak 3 kali.

 Menghilangkan kerutan pada garis senyum

Pernahkan kamu memperhatikan garis yang berada di antara bagian mulut dan pipi? Saat kita tersenyum atau tertawa maka garis ini terlihat jelas. Seiring bertambahnya usia maka garis ini pun semakin lebar dan dalam. Beberapa wanita melakukan botox unuk dapat menghilangkannya. Jika kamu ingin menghilangkan dengan cara alami, yuk ikuti petunjuk berikut:

  1. Tarik napas yang dalam kemudian kembungkan mulut saat menghembuskan napas hingga rongga mulut penuh terisi udara
  2. Pastikan permukaan bibir tertutup rapat dan tekan udara ke arah bibir
  3. Pindahkan tekanan udara ke pipi bagian kanan, kemudian pipi bagian kiri
  4. Pindahkan tekanan udara ke permukaan atas rongga mulut, kemdian ke bagian bawah mulut
  5. Setiap melakukan penekanan tahan selama 5 detik sebelum berpindah arah ke sisi lainnya.

Mengencangkan Pipi

Banyak cara yang dilakukan oleh wanita agar pipi lebih tirus, seperti botox, krim perawatan, dan make up. Ternyata mbak Fumiko ini juga punya metodenya loh. Selain dapat membuat pipi lebih tirus, latihan ini bisa menjaga kekencangan kulit pipi yang dapat berkurang karena pengaruh gravitasi. Caranya begini:

  1. Tarik dagu kemudian lipat ke atas hingga bibir bawah menutup bibir atas
  2. Tersenyum lah hingga pipib tertarik ke atas
  3. Angkat dagu ke atas hingga leher terasa memanjang dan lihat ke atas
  4. Tahan selama 10 detik
  5. Lakukan sebanyak tiga kali

Apalah arti semua metode di atas tanpa dilakukan secara rutin. Jadi, agar bisa mendapat hasil maksimal dilakukannya sebaiknya setiap hari. Caranya juga gampang, kan?

Processed with VSCO with  preset

3 Alasan Wajib Makan Stroberi

sumber foto: fragrantica

Jika sedang ke supermarket tidak lupa untuk mengambil satu pak buah stroberi sebagai stok di lemari es. Bisa dijadikan menu utama sarapan pagi atau sekadar camilan saat menonton televisi. Selain bentuknya yang cantik dan rasanya yang asam-asam manis, inilah beberapa alasan kenapa saya menyukai buah ini.

Mencegah penuaan dini

Usia saya tahun ini genap 30. Mulai risih dengan masalah penuaan dini. Inginnya kan selalu terlihat muda. Stroberi mengandung  anti oksidan ellagic acid yang membantu mencegah perusakan kolagen yang menjadi penyebab utama dari pembentukan kerutan pada kulit. Di dalam sebiah penelitian yang dilansir Health menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C memiliki kerutan yang lebih sedikit dibandingkan  mereka yang tidak mengonsumsi.  Vitamin C membantu melawan radikal bebas, yang merusak sel dan kolagen.  Mengonsumsi buah stroberi secara teratur dapat membantu menjaga kulit tetap elastis dan kenyal, dan menghasilkan kulit yang terlihat lebih muda.

Menjaga berat badan

Salah satu cara saya untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah menjaga berat badan. Selain rutin olahraga juga menjaga pola makan. Hal kecil tapi sangat penting adalah masalah pencernaan. Buang air besar diusahakan lancar setiap hari. Seperti yang dilansir best health, stroberi adalah makanan yang rendah kalori, bebas lemak, serta rendah sodium dan gula. Serat yang terkandung dalam stroberi juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan membuang toksin yang berbahaya bagi tubuh.

Menjaga kesehatan

Cantik tapi gak sehat untuk apa, kan? Untuk menjadi cantik dapat dimulai dengan menjaga kesehatan dari dalam. Stroberi kaya akan vitamin C. Seperti yang sudah sering kita dengar, anti oksidan membantu menjaga daya tahan tubuh untuk mencegah datangnya penyakit. Stroberi juga baik untuk jantung. Kandungan kalium membantu mengatur tekanan darah. Dengan efek yang dapat membantu pengirangan LDL (low density lipoprotein), peradangan, dan tekanan darah tinggi, buah ini direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung. Saya juga percaya dengan sehat maka akan terlihat fresh di setiap kesempatan.